Home » Pendidikan » Universitas Mitra Indonesia, Semakin Lengkap Fakultas dan Prodinya
Universitas Mitra Indonesia

Universitas Mitra Indonesia, Semakin Lengkap Fakultas dan Prodinya

Di Bandar Lampung terdapat banyak perguruan tinggi. Salah satu yang populer dan patut jadi pertimbangan Anda dalam melanjutkan tingkat pendidikan adalah UMITRA Indonesia atau Universitas Mitra Indonesia.

UMITRA Indonesia merupakan salah satu pilot project Kementrian Dikti yang sukses dengan menggabungkan 5 institusi menjadi satu dan juga menambah program studi. Kelima institusi itu adalah STMIK, STIKES, AMIK, STIE, dan A2M. Tak hanya menggabungkan kelima institusi, namun juga menambah empat program studi baru.

Sejarah Berdirinya Universitas Mitra Indonesia

Universitas yang terletak di Jalan ZA. Pagar Alam No. 7 ini telah berdiri sejak tahun 1996. UMITRA Indonesia berada di bawah Yayasan UMITRA Lampung dan selama ini dipimpin oleh Bapak DR. H. Andi Surya.

Setelah kurang lebih 22 tahun beliau telah berhasil menyelenggarakan Tridarma perguruan tinggi dengan sangat baik sehingga permintaan penggabungan institusi ini menjadi universitas mendapat persetujuan dari Kemenristek/Dikti dan Kopertis Wil. II. Keputusan persetujuan perubahan tersebut dapat dilihat di laman Dikti dengan nomor surat keputusan 518/KPT/I/2018.

Dalam proses penggabungan institusi, pihak UMITRA menambahkan empat prodi baru, yaitu Teknologi Informasi, Kewirausahaan, Hukum Bisnis, serta Ilmu Gizi. Jadi, UMITRA kini memiliki satu program studi S2, 12 program studi S1, dan 4 program studi D3 yang masuk dalam tiga fakultas.

Universitas Mitra Indonesia
Kampus UMITRA Indonesia

Tidak hanya memiliki program kuliah regular yang diselenggarakan pada siang hari, universitas ini juga memiliki kelas karyawan kecuali program pasca sarjana Kesehatan Masyarakat.

Meskipun nama universitas baru disandangnya, namun kualitas dari pendidikan dan fasilitas yang dimiliki UMITRA tidak perlu diragukan lagi. UMITRA telah memiliki pengalaman puluhan tahun untuk menyediakan mutu pendidikan yang berkualitas untuk para generasi penerus bangsa.

Fasilitas di UMITRA Indonesia

Untuk menunjang aktivitas belajar yang maksimal, Universitas Mitra Indonesia menyediakan beragam fasilitas, sarana, dan prasarana yang lengkap. Berikut ini daftar fasilitas yang disediakan oleh pihak universitas, antara lain:

  1. Laboratorium Komputer

    Untuk memaksimalkan kegiatan perkuliahan, telah disediakan 4 laboratorium komputer untuk untuk mahasiswa dan juga dosen UMITRA. Setiap ruang laboratorium komputer terdiri dari 30 unit komputer untuk mahasiswa dan 1 unit komputer untuk dosen.

  2. Laboratorium Kesehatan

    Laboratorium ini disediakan untuk ruang praktek para mahasiswa prodi S1 Keperawatan.

  3. Laboratorium Ekonomi

    Dalam Laboratorium ini ada beberapa ruang dengan fungsi tersendiri seperti Ruang Ka. UPT Lab dan Ruang Staf Laboran. Selain itu, di sini juga terdapat Ruang Perbankan serta Ruang Pemasaran atau Kewirausahaan.

  4. Perpustakaan

    Adanya perpustakaan yang luas, bersih, dengan koleksi buku yang lumayan banyak membuat para mahasiswa dapat dengan mudah mendapat referensi.

  5. Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa

    Untuk setiap alumni dari universitas ini tidak perlu khawatir karena telah disediakan fasilitas purna studi yaitu diadakannya bursa kerja setiap tahun secara rutin.

Daftar Fakultas UMITRA Indonesia

UMITRA memiliki empat fakultas dan program pasca sarjana yang terdiri dari Fakultas Kesehatan, Fakultas Komputer, Fakultas Bisnis, Fakultas Hukum, dan S2 Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan memiliki tiga program studi profesi ners yaitu S1 Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat, dan S1 Gizi.

Untuk Program Studi dalam Fakultas Komputer di UMITRA antara lain S1 Sistem Informasi, S1 Informatika, S1 Teknologi Informasi, D3 Sistem Informasi, dan D3 Teknologi Informasi. Sedangkan Fakultas Bisnis memiliki prodi di antaranya S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Kewirausahaan, D3 Manajemen, dan D3 Akuntansi. Terakhir adalah Fakultas Hukum memiliki 1 program studi yaitu S1 Ilmu Hukum.

Baca juga » Universitas Bandar Lampung, PTS Terbesar di Provinsi Lampung

Alamat Universitas Mitra Indonesia

Jl. ZA. Pagar Alam No.7, Gd. Meneng
Bandar Lampung, 40115 Lampung
Telepon. (0721) 701418
Website: www.umitra.ac.id

Untuk Anda yang ingin menempuh jenjang studi perkuliahan, Universitas Mitra Indonesia bisa jadi salah satu pilihan terbaik di antara sekian banyak perguruan tinggi yang ada.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!