Home » Pendidikan » Universitas Malahayati Bandar Lampung, Perguruan Tinggi Bergengsi di Sumatera
Universitas Malahayati Bandar Lampung

Universitas Malahayati Bandar Lampung, Perguruan Tinggi Bergengsi di Sumatera

Universitas Malahayati memang bukan universitas pertama di Lampung, juga bukan Perguruan Tinggi Swasta pertama di provinsi tersebut. Meski begitu, Universitas Malahayati Bandar Lampung yang berdiri pada tanggal 27 Agustus 1993 kini dikenal sebagai perguruan tinggi bergengsi, tak hanya di tingkat Kota Bandar Lampung, tetapi juga di level provinsi dan Pulau Sumatera. Ribuan mahasiswa berebut mengenyam pendidikan di 4 fakultas yang disediakan oleh Universitas Malahayati.

Sosok asal Nangroe Aceh Darussalam, H. Rusli Bintang merupakan tokoh penting dalam sejarah berdirinya Universitas Malahayati Bandar Lampung. Pria yang tak pernah menamatkan pendidikan tingkat SMA tersebut, memang dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap situasi pendidikan di tanah air. Sebagai buktinya, H. Rusli Bintang juga dikenal sebagai pendiri Universitas Abulyatama (Unaya) di Aceh Besar, Universitas Batam, dan Institut Kesehatan Jakarta.

Universitas Malahayati Bandar Lampung
Kampus Malahayati (Sumber: malahayati.ac.id)

Sejarah Berdirinya Universitas Malahayati Bandar Lampung

Karena didirikan oleh seorang tokoh pendidikan asal Aceh, tepatnya Aceh Besar, tak heran kalau nama Malahayati tersemat pada Universitas Malahayati Bandar Lampung. Perlu diketahui, Malahayati dikenal sebagai pejuang dari Aceh yang juga merupakan bagian dari Kesultanan Aceh. Sosok Malahayati begitu fenomenal karena berhasil memimpin 2.000 janda pejuang Aceh dalam berperang melawan Belanda, dan bahkan berhasil membunuh salah satu pimpinan pasukan Belanda, Cornelis de Houtman.

Untuk membawahi keberadaan Universitas Malahayati Bandar Lampung, H. Rusli Bintang mendirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Alih Teknologi (ALTEK). Pada awal pelaksanaan program pendidikannya, Universitas Malahayati hanya menawarkan 3 fakultas dengan 1 akademi. Tiga fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi. Sementara itu, akademi yang dijalankan adalah Akademi Keperawatan.

Baca juga » IBI Darmajaya Bandar Lampung, Pencetak Technopreneur Terkemuka di Lampung

Dengan semangat pendidikan yang begitu tinggi, Universitas Malahayati Bandar Lampung terus berkembang. Sebagai buktinya, mereka melakukan penambahan fakultas pada tahun 2004, yakni Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sebagai tambahan, ada pula Prodi Keperawatan S1 yang kemudian ditempatkan di bawah Fakultas Kedokteran.

Seiring dengan perkembangan yang ada, Universitas Malahayati Bandar Lampung juga terus melakukan pembangunan gedung. Gedung rektorat dan gedung kuliah lama, kini sudah tak lagi digunakan sebagai sarana pendidikan. Sebagai gantinya, kedua gedung tersebut telah beralih fungsi menjadi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin.

Universitas Malahayati Bandar Lampung
Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Malahayati (Sumber: malahayati.ac.id)

Keberadaan rumah sakit tersebut ditujukan untuk memberi sarana kesehatan yang tepat guna untuk masyarakat sekitar. Di waktu yang sama, rumah sakit ini juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan. Tak ayal, Universitas Malayahati secara khusus dikenal sebagai universitas dengan reputasi Fakultas Kedokteran yang mentereng.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, Universitas Malahayati juga menjalin kerjasama dengan universitas ternama di luar negeri. Salah satunya adalah Medicine Faculty and Health Sciences Universiti Putra Malaysia yang bekerjasama secara khusus dengan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.

Fasilitas di Universitas Malahayati Bandar Lampung

Reputasi sebagai universitas paling mentereng di Pulau Sumatera yang dimiliki oleh Universitas Malahayati bukanlah isapan jempol belaka. Hal tersebut mereka buktikan dengan kualitas alumni serta kelengkapan fasilitas yang dimiliki.

Pihak universitas menyediakan beragam laboratorium yang bisa menjadi sarana pembelajaran mahasiswa, termasuk di antaranya adalah, laboratorium teknik, laboratorium keperawatan, laboratorium kebidanan, ataupun laboratorium analis farmasi dan makanan.

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati secara khusus memiliki jumlah laboratorium yang beragam. Secara total, ada sebanyak 16 laboratorium kedokteran dasar yang disediakan pihak universitas. Selain itu, ada pula Laboratorium Kedokteran Klinik, Ruangan Tutorial, Ruangan OSCE, serta Ruangan CBT.

Alamat Universitas Malahayati
Jl. Pramuka No. 27, Kemiling Permai
Kota Bandar Lampung, 35152 Lampung
Telepon: (0721) 271112
Website: malahayati.ac.id

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!