Home » Pendidikan » Sejarah Universitas Lampung (UNILA), Universitas Negeri Pertama di Lampung
Sejarah Universitas Lampung

Sejarah Universitas Lampung (UNILA), Universitas Negeri Pertama di Lampung

Tingkat pendidikan di Provinsi Lampung tak kalah dibandingkan dengan provinsi lain. Salah satu bukti kualitas pendidikan di Lampung adalah lewat keberadaan Universitas Lampung (UNILA). Sejarah Universitas Lampung yang dikenal sebagai universitas negeri pertama dan merupakan universitas tertua di lampung telah menjadi bukti nyata dari kualitas pendidikannya. Bahkan, mereka yang menempuh pendidikan di sini, tak hanya berasal dari Lampung, tetapi juga dari provinsi lain.

Sejarah Universitas Lampung diawali dengan keinginan tokoh masyarakat Lampung yang menginginkan adanya perguruan tinggi di wilayah Karesidenan Lampung pada tahun 1959. Beberapa tokoh yang turut serta dalam inisiasi pendirian Universitas Lampung di antaranya adalah Zainal Abidin Pagar Alam, Tjan Djiit Soe, Nadirsjah Zaini, M.A, serta Hilman Hadikusuma. Hasil musyawarah tersebut melahirkan keberadaan Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL).

Sejarah Universitas Lampung
Gedung Rektorat UNILA (Sumber: www.unila.ac.id)

FEHS Sebagai Tonggak Awal Sejarah Universitas Lampung

Pendirian yayasan yang diketuai oleh Nadirsjah Zaini, M.A. menjadi langkah awal bagi berdirinya perguruan tinggi pertama di Lampung, pada tanggal 19 Juli 1960. Perguruan tinggi tersebut adalah Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS) yang beralamat di Jl. Hasanuddin Nomor 24, Bandar Lampung. Pendirian perguruan tinggi dilakukan lewat kerjasama dengan Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Pada 1961, FEHS tercatat sebagai cabang UNSRI yang melayani pendidikan untuk fakultas ekonomi dan hukum, berlokasi di Telukbetung. Pada tahun 1964, program kerjasama yang dilakukan oleh FEHS mulai meluas. Perguruan tinggi ini kemudian menjalin afiliasi dengan Universitas Indonesia yang ada di Jakarta, tentunya dengan persetujuan dari Presiden UNSRI.

Pada tanggal 23 September 1965, pemerintah secara resmi mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 Tahun 1965. Surat keputusan ini menjadi hari penting dalam sejarah Universitas Lampung. Terhitung sejak tanggal tersebut, Universitas Lampung dikenal sebagai universitas negeri pertama di Lampung. Apalagi, pada tahun 1966 lewat Kepres Nomor 73, pemerintah secara resmi mengukuhkan posisi tersebut.

FEB dan FH Tercatat Sebagai Fakultas Tertua dalam Sejarah Universitas Lampung

Kelahiran Universitas Lampung pada tahun 1965 tersebut membuat dua fakultas, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Hukum (FH) tercatat sebagai fakultas tertua. Keberadaan kedua fakultas tersebut kemudian diikuti dengan deretan fakultas lain yang mampu menyediakan beragam jenis pendidikan bagi para mahasiswa.

Baca juga » Universitas Malahayati Bandar Lampung, Perguruan Tinggi Bergengsi di Sumatera

Universitas Lampung yang kini beralamat di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro Nomor 1, Bandar Lampung, memiliki wilayah yang begitu luas. Sebagian besar wilayah dari universitas ini pun berupa kawasan hijau yang begitu rindang. Dengan suasana seperti itu, para mahasiswa bisa mendapatkan lingkungan belajar yang nyaman.

Gedung Serbaguna (GSG) UNILA

Fakultas Pertanian (FP) menjadi fakultas ketiga yang ada di Universitas Lampung, berdiri pada tahun 1967. Selanjutnya, muncul Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada 1968. Sejarah Universitas Lampung mencatat, bahwa keberadaan FKIP merupakan langkah integrasi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta ke UNILA.

Sejak itu, fakultas lain terus bermunculan, termasuk di antaranya adalah Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Kedokteran. Sebagai tambahan, sejak tahun 1999, UNILA juga mengadakan program pascasarjana dengan 20 pilihan program studi.

Kontak Universitas Lampung
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1
Kota Bandar Lampung, 35141 Lampung
Telp. (0721) 701609 – Faks. (0721) 702767
Website: www.unila.ac.id

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!