Universitas Bandar Lampung, PTS Terbesar di Provinsi Lampung

Cukup banyak universitas dan perguruan tinggi swasta yang bisa dijumpai di Bandar Lampung. Namun, kalau ingin mencari universitas dengan kualitas pendidikan yang terjamin, salah satu pertimbangannya adalah Universitas Bandar Lampung (UBL). Apalagi, sejarah universitas yang satu ini dalam menyediakan layanan pendidikan berkualitas sudah teruji sejak puluhan tahun lalu.

Universitas Bandar Lampung dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar yang ada di Kota Bandar Lampung. Sejarah mencatat bahwa perguruan ini berdiri sejak tanggal 17 Januari 1984. Pengelolaan universitas swasta tersohor di Bandar Lampung ini dilakukan oleh Yayasan Administrasi Lampung (YAL) yang ketika itu diketuai oleh Drs. RM. Barusman.

Perkembangan Sejarah UBL

Sejarah UBL berkembang cukup pesat. Sebagai buktinya, kini mereka dikenal sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Kota Bandar Lampung. Para alumni dari universitas ini pun bisa dijumpai pada berbagai bidang dan telah bekerja di perusahaan ternama, baik berskala nasional ataupun internasional.

Reputasi sebagai universitas swasta terbaik di Bandar Lampung juga ditunjang dengan adanya kerjasama yang dilakukan pihak universitas. Kerjasama yang dilakukan oleh UBL tak hanya dengan perguruan tinggi dalam negeri, tetapi juga universitas terkemuka dari luar negeri.

Sejarah Universitas Bandar Lampung
Kampus UBL (Sumber: ubl.ac.id)

Beberapa universitas luar negeri yang melakukan kerjasama dengan UBL di antaranya adalah International Islamic University Malaysia, Maastricht University dari Belanda, University of Kitakyushu dari Jepang, Burapha University dari Thailand, serta Youngsan University yang ada di Korea Selatan.

Sementara itu, kerjasama dengan lembaga di dalam negeri tak hanya dilakukan dengan sesama perguruan tinggi. Ada pula lembaga pemerintah dan lembaga swasta yang menjalin hubungan dengan UBL, termasuk di antaranya adalah Pemerintah Kota Metro, Pemerintah Provinsi Lampung, Universitas Katolik Parahyangan, ataupun Universitas Lampung.

Baca juga » Sejarah Universitas Lampung (UNILA), Universitas Negeri Pertama di Lampung

Fasilitas Universitas Bandar Lampung

Layanan pendidikan di UBL dilakukan di 2 gedung, yakni Gedung Kampus A dan Gedung Kampus B. Kedua gedung tersebut menjadi sarana untuk menyediakan layanan pendidikan untuk strata 1 dan strata 2. Secara total, ada sebanyak 6 fakultas dengan 12 jurusan yang menyediakan layanan pendidikan Strata 1. Sementara itu, untuk pendidikan magister atau strata 2, terdapat 4 opsi jurusan.

Sejarah Universitas Bandar Lampung
Kampus B Pascasarjana UBL (Sumber: ubl.ac.id)

Kualitas pendidikan yang diberikan oleh pihak universitas juga tak perlu dipertanyakan. Sejarah UBL yang panjang, membuktikan kalau para alumni mampu membuktikan diri bersaing dengan lulusan universitas lain. Apalagi, beberapa program studi yang mereka miliki telah terakreditasi A, termasuk di antaranya adalah Teknik Sipil, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, serta Manajemen (magister).

Untuk menunjang aktivitas pendidikan, pihak UBL juga punya beberapa fasilitas pendukung yang bisa digunakan. Fasilitas pendukung tersebut di antaranya adalah, laboratorium, pusat layanan konsultasi bisnis, perpustakaan online, pusat pelatihan bisnis, arena olahraga, pusat studi linguistik, serta pusat inovasi dan kewirausahaan.

Kelengkapan fasilitas dalam mendorong mahasiswa untuk tumbuh menjadi seorang pengusaha pun sesuai dengan visi dan misi universitas. Dalam sejarah Universitas Bandar Lampung, para pendirinya punya impian besar untuk mampu menciptakan generasi muda yang tumbuh menjadi wirausahawan tingkat dunia.

Alamat dan Kontak
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 26
Kota Bandar Lampung, 35142 Lampung
Telepon: (0721) 773847
Website: ubl.ac.id

Berikan Tanggapan Anda