Home » Sejarah » Sejarah Pesisir Barat Lampung Terbentuk Menjadi Kabupaten
Sejarah Pesisir Barat Lampung

Sejarah Pesisir Barat Lampung Terbentuk Menjadi Kabupaten

Mau tahu latar belakang kabupaten termuda di Provinsi Lampung? Simak ulasan lengkap sejarah Pesisir Barat Lampung menjadi sebuah kabupaten dalam artikel berikut ini.

Wilayah Pesisir Barat, atau yang kini lebih dikenal dengan nama Kabupaten Pesisir Barat, merupakan sebuah Kabupaten yang paling muda di antara Kabupaten Provinsi Lampung. Kabupaten ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat. Pengesahan pembentukan Kabupaten Pesisir Barat didasarkan pada Undang-Undang No. 12 tahun 2012.

Baca juga » Sejarah Kabupaten Lampung Barat Sejak Mulai Terbentuk

Latar Belakang Sejarah Pesisir Barat Lampung Menjadi Kabupaten

Luas wilayah Kabupaten Lampung Barat adalah sekitar 5.050,01 km persegi. Wilayah ini termasuk wilayah dengan jumlah penduduk yang banyak. Pada tahun 2011 saja tercatat bahwa jumlah penduduk yang mendiami Kabupaten Lampung Barat adalah kurang lebih sekitar 8.711.511 jiwa. Penduduk ini tersebar di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Lampung Barat, yang terdiri dari Kecamatan berjumlah 22 dan Kelurahan berjumlah 238.

Kabupaten Lampung Barat terletak di sepanjang jalur Pegunungan Bukit Barisan Selatan, serta berada pada jalur Trans Timur Sumatera. Hal ini membuat Kabupaten Lampung Barat memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa.

Tetapi sayangnya rentang jarak kendali pemerintahan Kabupaten letaknya sangat jauh. Sehingga membuat potensi yang dimiliki tersebut sulit bahkan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dengan luas wilayah serta jumlah penduduk yang cukup besar tersebut, membuat pelaksanaan pembangunan serta akses pelayanan kepada masyarakat tidak optimal dan sulit terjangkau.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan memperpendek rentang jarak kendali pemerintahan Kabupaten, yaitu dengan membentuk wilayah otonomi yang baru. Sehingga akses pelayanan dan pembangunan untuk rakyat pun lebih mudah dan cepat.

Sejarah Pesisir Barat Lampung
Lambang Kabupaten Pesisir Barat

Mulai Berdirinya Kabupaten Pesisir Barat

Sejarah Pesisir barat Lampung menjadi Kabupaten sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak lama. Sejak tahun 2011 masyarakat Pesisir Barat merasa sangat perlu untuk memisahkan diri dari pemerintahan Kabupaten Lampung Barat.

Hal ini karena sulitnya layanan pemerintahan dijangkau masyarakat pada saat itu. Atas dasar pertimbangan ini, maka masyarakat Pesisir Barat memaksa untuk segera lepas dari Kabupaten Lampung Barat, dan menjadi wilayah otonom.

Keinginan kuat serta gigihnya perjuangan masyarakat Pesisir Barat itu pada akhirnya menemukan titik terang. Tepat pada tanggal 25 Oktober 2012, wilayah Pesisir Barat resmi melepaskan diri dari Kabupaten Lampung Barat. Hal ini terlaksana berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 tahun 2012.

Dengan terpisahnya wilayah Pesisir Barat dari Kabupaten Lampung Barat, maka sebagai daerah yang otonom, Kabupaten Pesisir Barat harus berupaya melakukan peningkatan pembangunan di setiap sektor, seperti ekonomi, pemerintahan, sumber daya alam, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Sebagai wilayah Kabupaten yang baru, Pesisir Barat juga perlu dukungan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan peningkatan kesejahteraan rakyatnya. Terutama sekali dalam hal memfasilitasi proses pembentukan Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta perangkat daerah pendukung lainnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan Kabupaten Pesisir Barat.

Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat

Dengan berganti status menjadi daerah yang otonom, Kabupaten yang memiliki luas wilayah sekitar 2.877,1 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 156.306 jiwa ini menaungi sebelas (11) wilayah Kecamatan, yaitu Pulau Pisang, Krui Selatan, Pesisir Selatan, Pesisir Tengah, Pesisir Utara, Lemong, Bengkunat Belimbing, Way Krui, Ngambur, dan Karya penggawa.

Kabupaten Pesisir Barat terus melakukan pembenahan wilayahnya hingga saat ini. Kini Kabupaten termuda ini telah memiliki Bandar Udara bernama Taufik Kiemas, yang pelayanannya terus ditingkatkan hingga kini.

Demikianlah ulasan tentang sejarah Pesisir Barat Lampung sejak mulai terbentuknya hingga kini. Semoga dengan pembahasan ini, semakin menambah pengetahuan Anda tentang sejarah daerah di Lampung.

Berikan Tanggapan Anda