Home » Sejarah » Sejarah Kabupaten Mesuji Lampung Sejak Mulai Terbentuk
Sejarah Kabupaten Mesuji Lampung

Sejarah Kabupaten Mesuji Lampung Sejak Mulai Terbentuk

Mesuji termasuk daerah otonomi baru di Provinsi Lampung. Berikut ini sejarah Kabupaten Mesuji Lampung sejak awal berdiri hingga terbentuk menjadi sebuah kabupaten.

Perjalanan sejarah Kabupaten Mesuji Lampung tidak terlepas dari peran serta masyarakatnya, yang terus berjuang demi mendapatkan status kabupaten yang mandiri.

Sebelumnya, Mesuji merupakan Kecamatan yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Tulang Bawang. Namun jauhnya jarak kerap membuat masyarakat kesulitan dalam berbagai urusan ke pemerintahan. Kini Kabupaten Mesuji telah menjadi satu dari daerah yang berstatus otonomi di Lampung.

Awal Mula Sejarah Kabupaten Mesuji Lampung

Pada mulanya atau sekitar abad ke 18, Mesuji dihuni oleh masyarakat dari 8 perkampungan. Perkampungan yang menghuni area tersebut di antaranya adalah, perkampungan Sungai Cambia, Sungai Sidang, Nipahkuning, Talang Batu, Wiralaga, Sungai Badak, Kagungan Dalam, Sritanjung, dan Labuan Batin. Kumpulan masyarakat berbagai marga inilah yang kemudian menjadi nama area tersebut, yaitu Marga Mesuji.

Sistem pemerintahan yang dijalankan saat itu adalah sistem pemilihan rakyat, yang sifatnya otonom sepenuhnya. Warga Marga Mesuji saat itu langsung memilih pemimpinnya. Selanjutnya, pemimpin marga ini disebut sebagai Pesirah yang dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh kepala suku yang terdiri dari Rio, Pebareb, Kemit, dan Penghulu.

Saat itu perkampungan masyarakat Marga Mesuji telah tertata sangat rapih. Perkampungan ini tersusun di tepian sungai Mesuji dari kuala, yang mengarah hingga ke hulu sungai bagian kiri, yang dinamakan Mesuji Lampung. Sedangkan untuk perkampungan yang berada di seberang sungai dinamakan Mesuji Palembang.

Kehidupan masyarakat Mesuji saat itu jelas sangat bergantung dari jalur perairan. Mata pencaharian masyarakat kebanyakan adalah nelayan, berladang, dan berladang. Perahu menjadi satu-satunya alat transportasi untuk mendistribusikan hasil daerahnya ke luar Mesuji hingga ke luar negeri.

Sejarah Kabupaten Mesuji Menjadi Daerah Otonom

Dalam perjalanan sejarah Kabupaten Mesuji Lampung, tercatat bahwa awalnya kabupaten ini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tulang Bawang. Saat itu Mesuji berstatus daerah Kecamatan.

Kabupaten Mesuji

Pada tahun 2008, Kabupaten Tulang Bawang yang memiliki wilayah sangat luas itu melakukan pemekaran wilayah menjadi 3 wilayah Kabupaten. Ketiga wilayah itu adalah Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Mesuji.

Sejarah berdirinya Kabupaten Mesuji Lampung mulai dilaksanakan di tahun 2008 itu. pembentukan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 49 tahun 2008, yang berisi tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.

Baca juga » Sejarah Provinsi Lampung yang Tak Boleh Dilupakan

Dalam pelaksanaannya, pada tahun 2011 Departemen Dalam Negeri (Depdagri) menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 66 tahun 2011 guna mendukung perangkat kerja di Kabupaten Mesuji.

Bupati Pertama Kabupaten Mesuji

Setelah menjadi kabupaten otonom, selanjutnya Kabupaten Mesuji terbagi menjadi tujuh wilayah Kecamatan, yang terdiri dari Kecamatan Way Serdang, Kecamatan Simpang Pematang, Kecamatan Mesuji, Kecamatan Rawajitu Utara, Kecamatan Panca Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, dan Kecamatan Mesuji Timur.

Kabupaten Mesuji menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) untuk memilih Bupati pertama mereka pada tanggal 28 September 2011. Dalam pesta demokrasi yang didukung serta difasilitasi KPU setempat, terpilihlah pasangan H. Khamamik-Ismail Ishak menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mesuji pertama.

Pelantikan kedua pejabat pemerintah Mesuji ini pun dilakukan oleh Gubernur Lampung atas nama Menteri Dalam Negeri, pada tanggal 13 April 2012 di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Menggala, Kabupaten Tulang bawang. Dengan ini, maka sejak saat itu Kabupaten Mesuji resmi menjadi daerah otonom yang terlepas dari pemerintahan Tulang Bawang.

Sejarah Kabupaten Mesuji Lampung
Lambang Kabupaten Mesuji

Demikianlah pembahasan yang berkaitan dengan sejarah Kabupaten Mesuji Lampung, yang dimulai sejak awal mula kabupaten ini terbentuk. Semoga dengan artikel dan pembahasan ini, dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang sejarah wilayah atau daerah yang ada di Provinsi Lampung.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!