Home » Sejarah » Sejarah Kabupaten Lampung Utara Sejak Mulai Terbentuk
Sejarah Kabupaten Lampung Utara

Sejarah Kabupaten Lampung Utara Sejak Mulai Terbentuk

Sejarah Kabupaten Lampung Utara dimulai pada masa awal kemerdekaan negara Republik Indonesia. Dulunya, Lampung Utara merupakan kabupaten yang memiliki wilayah terluas di Lampung.

Namun kemudian wilayah ini pun dibagi, dan saat ini meliputi wilayah Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, dan Tulang Bawang. Berikut ulasan sejarah mulai terbentuknya kabupaten ini.

Tugu Payan Kotabumi, salah satu ikon Kabupaten Lampung Utara

Awal Terbentuknya Kabupaten Lampung Utara

Pada awalnya, Lampung Utara merupakan bagian wilayah yang berada di bawah pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan. Namun setelah dikeluarkan UU RI No. 14 tahun 1964 tentang pembentukan Provinsi Lampung, maka Lampung Utara menjadi bagian wilayah Provinsi Lampung.

Baca juga » Sejarah Provinsi Lampung yang Tak Boleh Dilupakan

Sejarah Kabupaten Lampung Utara Pada Masa Kemerdekaan

Berdasarkan Undang-Undang No. 1 tahun 1945, pada masa kemerdekaan negara Republik Indonesia, Kabupaten Lampung Utara adalah wilayah administratif yang berada di bawah Keresidenan Lampung. Saat itu wilayah Lampung Utara terbagi dalam Kewedanan, Kecamatan, dan Marga.

Pada tanggal 3 Desember 1952 sistem pemerintahan Marga dihapuskan, dengan dikeluarkannya Peraturan Residen Nomor 153 tahun 1952. Dari keputusan ini dibentuklah sistem pemerintahan Negeri sebagai ganti pemerintahan Marga. Sistem Negeri ini memberikan hak otonomi penuh yang berkedudukan di bawah Kecamatan.

Namun dalam pelaksanaannya, kerap terjadi benturan tugas pemerintahan. Karena adanya pemekaran beberapa Kecamatan. Sehingga dikeluarkanlah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 1965. Undang-Undang ini memutuskan penghapusan sistem pemerintahan Kewedanan dan Negeri.

Sejarah Pemekaran Kabupaten Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara awalnya memiliki wilayah yang sangat luas, yakni 19.368,50 km persegi. Namun setelah dilakukan pemekaran wilayah sebanyak tiga kali, maka kini luas wilayah Kabupaten Lampung Utara hanya tinggal 2.765,63 km persegi.

Dalam perjalanan sejarah Kabupaten Lampung Utara, wilayah pemekaran yang pertama adalah dengan terbentuknya Kabupaten Lampung Barat. Pembentukan ini berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 1991.

Dalam pembentukan pertama ini wilayah Kabupaten Lampung Utara berkurang enam Kecamatan, yakni Sumber Jaya, Balik Bukit, Pesisir Selatan, Pesisir Barat, Pesisir Tengah, dan Belalau.

Wilayah pemekaran yang kedua adalah dengan dibentuknya Kabupaten Tulang Bawang, yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 2 tahun 1997. Dalam pemekaran kedua ini wilayah Kabupaten Lampung Utara berkurang 4, yakni Mesuji, Tulang Bawang Udik, Tulang Bawang Tengah, dan Menggala.

Wilayah pemekaran yang ketiga adalah dengan terbentuknya Kabupaten Way Kanan. Pembentukan ini berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 1999. Kali ini Kabupaten Lampung Utara mengalami pengurangan sebanyak 6 Kecamatan, yang terdiri dari Baradatu, Banjit, Blambangan Umpu, Bahuga, Kasui, dan Pakuan Ratu.

Ketahui juga » Sejarah Kabupaten Way Kanan Lampung Sejak Mulai Terbentuk

Dengan tiga pemekaran tersebut serta pengurangan wilayah Kecamatan yang dimiliki Kabupaten Lampung Utara, maka kini Kabupaten Lampung Utara hanya memiliki delapan Kecamatan. Kedelapan Kecamatan tersebut adalah Tanjung Raja, Kotabumi, Sungkai Selatan, Sungkai Utara, Abung Selatan, Abung Timur, Abung Barat, dan Bukit Kemuning.

Pemekaran Kecamatan di Lampung Utara

Jumlah Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara dimekarkan menjadi 16 Kecamatan dengan 8 Kecamatan definitif. Pemekaran ini berdasarkan pada Peraturan Daerah No. 20 tahun 2000.

Dan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 2006, yang dikeluarkan pada tanggal 15 Agustus 2006, Kabupaten Lampung Utara kembali dimekarkan menjadi 7 Kecamatan yang baru.

Ketujuh Kecamatan yang baru dimekarkan tersebut adalah Kecamatan Hulu Sungkai, Kecamatan Abung Pekurun, Kecamatan Abung Kunang, Kecamatan Blambangan pagar, Kecamatan Sungkai Jaya, Kecamatan Sungkai Barat, dan Kecamatan Sungkai Tengah.

Sejarah Kabupaten Lampung Utara
Lambang Kabupaten Lampung Utara

Demikianlah pembahasan tentang sejarah Kabupaten Lampung Utara, yang dulunya merupakan wilayah kabupaten terluas di Lampung. Semoga ulasan ini bisa menjadi bahan referensi pengetahuan sejarah Anda.

Berikan Tanggapan Anda