Home » Sejarah » Sejarah Kabupaten Lampung Barat Sejak Mulai Terbentuk
Sejarah Kabupaten Lampung Barat

Sejarah Kabupaten Lampung Barat Sejak Mulai Terbentuk

Selain terkenal dengan kopi luwak serta memiliki pesona alam perbukitan yang indah, Lampung Barat juga tidak terlepas dari cerita masa silam. Berikut ulasan Sejarah Kabupaten Lampung Barat yang harus Anda ketahui.

Kabupaten Lampung Barat terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Lampung Utara berdasarkan UU No. 6 tahun 1991. Kabupaten yang juga terkenal sebagai daerah dingin ini beribukota di Liwa.

Awal Sejarah Kabupaten Lampung Barat Terbentuk

Berdasarkan sumber sejarah, tercatat bahwa pendirian Kabupaten Lampung Barat sudah mulai direncanakan sejak Januari 1967. Hal ini terjadi saat diadakannya Musyawarah Besar (Mubes) yang dihadiri oleh para pemuda, mahasiswa, dan masyarakat Lampung Barat. Mubes yang dilaksanakan di Krui pada tanggal 1-6 Februari 1967 tersebut bertujuan untuk mengubah status Kewedanan Krui pada saat itu.

Dari Musyawarah Besar tersebut, akhirnya terbentuklah Panitia Nasional yang diketuai oleh Safe’I a. Ronie, SH dan Panitia Eksekutif yang diketuai oleh Munir Rozali.

Hasil musyawarah itu melahirkan 9 resolusi. 9 resolusi ini merupakan hasil yang dirumuskan oleh Presidium Mubes yang terdiri dari 9 orang yang berasal dari masyarakat Lampung Barat, pelajar, dan mahasiswa.

Salah satu dari 9 resolusi yang telah dirumuskan dalam Musyawarah Besar (Mubes) tersebut adalah tentang mengubah status eks Kewedanan Krui menjadi Daerah tingkat (Dati) II Lampung Barat.

Resolusi itu pun disetujui DPRD Tingkat II Lampung Utara, yang tertuang dalam surat yang ditujukan ke Bupati Dati II Lampung Utara tanggal 20 April 1967.

Selanjutnya DPRD Tingkat II Lampung Utara mengeluarkan surat No.30/II/DPRD/1967 pada tanggal 11 Juli 1967, tentang peningkatan eks Kewedanan menjadi Dati II Lampung Barat. Sebelum berstatus daerah definitif, Lampung Barat adalah wilayah pembantu bupati Lampung Utara dengan ibukota Liwa.

Selamat Datang di Kota Liwa, Ibukota Kabupaten Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat Resmi Terbentuk

Keinginan serta perjuangan tanpa lelah yang dilakukan masyarakat Lampung Barat beserta Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (KPM) kala itu, akhirnya mendapat simpati serta menjadi bahan pertimbangan Gubernur Dati I Lampung Poedjono Pranyoto untuk membantu memperjuangkannya ke tingkat pusat. Dan berkat perjuangan ini, akhirnya pemerintah pusat mempersiapkan RUU berkenaan dengan pembentukan Kabupaten Dati II Lampung Barat.

Baca juga » Sejarah Provinsi Lampung yang Tak Boleh Dilupakan

Inilah awal sejarah Kabupaten Lampung Barat. Gubernur Dati I Lampung pun bersedia membantu pendanaan selama 3 tahun, untuk pembangunan sarana dan prasarana demi terwujudnya Kabupaten Lampung Barat.

Dukungan pun diberikan Bupati Lampung Utara. Dengan menyumbangkan sarannya kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Lampung perihal calon ibukota Lampung Barat, yang dituangkan dalam surat No. PU.000/1232/Bank.LU/1978.

Tahun Pembentukan Kabupaten Lampung Barat

Sejarah pembentukan Kabupaten Lampung Barat ini dimulai pada tahun 1991. Saat itu Rancangan Undang-Undang pembentukan Kabupaten Lampung Barat mulai dibahas di DPR RI. Kemudian RUU tersebut pun disetujui setelah melalui pembahasan yang berlangsung selama satu setengah bulan.

Dari hasil pembahasan, maka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dijabat oleh Rudini mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 17 tahun 1991, yang berisi tentang Petunjuk Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 1991. Undang-Undang ini memuat tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Barat.

Kemudian dengan dasar Undang-Undang tersebut, Menteri Dalam Negeri melakukan peresmian berdirinya Kabupaten Lampung Barat. Peresmian yang dilaksanakan pada tanggal 24 September 1991 ini sekaligus juga melantik pejabat Bupati pertama Kabupaten Lampung Barat, yang saat itu dipercayakan kepada Hakim Saleh Umpu Singa.

Sejarah Kabupaten Lampung Barat
Lambang Kabupaten Lampung Barat

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah Kabupaten Lampung Barat sejak awal mula terbentuknya. Semoga ulasan ini dapat menjadi bahan referensi pengetahuan sejarah Anda terkait kabupaten yang ada di Lampung.

Berikan Tanggapan Anda