Home » Pendidikan » IBI Darmajaya Bandar Lampung, Pencetak Technopreneur Terkemuka di Lampung
IBI Darmajaya Bandar Lampung

IBI Darmajaya Bandar Lampung, Pencetak Technopreneur Terkemuka di Lampung

IBI Darmajaya Bandar Lampung, Pencetak Technopreneur Terkemuka di Lampung – Mencetak bibit-bibit pengusaha sukses di bidang teknologi merupakan keunggulan utama yang dimiliki oleh Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Bandar Lampung.

Sejarah IBI Darmajaya Bandar Lampung yang telah berdiri sejak tahun 1995 berhasil membuktikannya. Apalagi, visi utama dari universitas swasta ini adalah tampil sebagai perguruan tinggi ternama yang selalu unggul dengan metode pendidikan berbasis teknologi dan bisnis.

STMIK Darmajaya Jadi Awal Perjalanan Sejarah IBI Darmajaya Bandar Lampung

Perjalanan sejarah IBI Darmajaya Bandar Lampung diawali pada tanggal 23 Januari 1993 lewat pendirian Yayasan Pendidikan Alfian Husien. Pada waktu itu, bentuk fisik ataupun lembaga pendidikan IBI Darmajaya masih belum terbentuk. Baru pada tanggal 5 Juni 1997, berdirilah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Darmajaya.

Program studi yang dilayani oleh STMIK Darmajaya masih sangat terbatas. Mereka hanya menyediakan 3 program studi, yakni Teknik Informatika (S1), Manajemen Informatika (D3), serta Teknik Komputer (D3). Lebih lanjut, pihak kampus kemudian melakukan penambahan 2 program studi lagi, yakni Sistem Informasi (S1) dan Sistem Komputer (S1).

Pada tanggal 6 Juli 2000, berdirilah sekolah tinggi lain yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Alfian Husein. Sekolah tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Darmajaya. Sekolah tinggi ini menyediakan 3 program studi, yakni akuntansi (S1), manajemen (S1), serta akuntansi (D3). Selanjutnya, kedua sekolah tinggi ini pun disatukan dalam naungan STMIK-STIE Darmajaya.

Kampus IBI Darmajaya (Sumber: www.darmajaya.ac.id)

Baca juga » Universitas Bandar Lampung, PTS Terbesar di Provinsi Lampung

Momen Sejarah IBI Darmajaya Bandar Lampung

Tanggal 20 Agustus 2008 menjadi momen sejarah IBI Darmajaya Bandar Lampung yang tak bakal dilupakan. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167 secara resmi meningkatkan status STMIK-STIE menjadi Informatics & Business Institute Darmajaya. Pergantian status ini pun menjadi wujud kepercayaan pemerintah pusat terhadap kualitas pelayanan pendidikan yang disediakan oleh IBI Darmajaya Bandar Lampung.

Saat ini, terdapat 2 fakultas serta 2 program pascasarjana yang disediakan oleh IBI Darmajaya, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang melayani 3 program studi, yakni Manajemen (S1), Akuntansi (S1), serta Akuntansi (D3)
  • Fakultas Ilmu Komputer (FIK) yang memiliki 5 program studi, yaitu, Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D3), Sistem Komputer (S1), serta Teknik Komputer (D3)
  • Program Studi Magister Manajemen
  • Program Studi Magister Teknik Informatika

Kualitas pendidikan yang ditawarkan di program studi tersebut juga tak perlu dipertanyakan. Sebagian besar program studi yang ditawarkan oleh IBI Darmajaya Bandar Lampung memiliki akreditasi B, termasuk di antaranya adalah Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Akuntansi (D3), Teknik Informatika (S1), Teknik Komputer (D3), serta Magister Manajemen.

Fasilitas IBI Darmajaya Bandar Lampung

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kenyamanan mahasiswa, IBI Darmajaya disertai dengan berbagai fasilitas pendukung. Di lingkungan kampus, terdapat lapangan futsal yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan UKM ataupun turnamen yang diadakan oleh para mahasiswa.

Darmajaya Society Center

Selain itu, ada pula fasilitas pendukung lainnya berupa rest area, wall climbing, Ruang Inkubator Bisnis (Inkubis), Darmajaya Society Center, training center, ataupun Information Acces Center Indonesia-Korea yang merupakan hibah dari Pemerintah Korea Selatan.

IBI Darmajaya Bandar Lampung
Information Acces Center (Sumber: www.darmajaya.ac.id)

Tak lupa, ada pula area parkir yang luas dengan ATM dari berbagai bank terkemuka seperti BRI, Bank Mandiri, dan BJB yang dapat dijumpai di area kampus. Sebagai tambahan, pihak kampus juga punya lapangan basket untuk sarana aktivitas tambahan para mahasiswa.

Kontak IBI Darmajaya Bandar Lampung
Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93, Gedong Meneng
Kota Bandar Lampung, 35141 Lampung
Telp. (0721) 787214 – Faks. (0721) 700261
Website: www.darmajaya.ac.id

Berikan Tanggapan Anda