Home » Wisata » Pulau Mengkudu Lampung Selatan Bukan Sekedar Destinasi Wisata Biasa
Pulau Mengkudu Lampung Selatan

Pulau Mengkudu Lampung Selatan Bukan Sekedar Destinasi Wisata Biasa

Pulau Mengkudu Lampung Selatan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Pintu Gerbang Sumatera. Tempat wisata yang satu ini belum terlalu banyak terjamah karena lokasinya cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Sesuai dengan namanya, memang di pulau ini terdapat banyak tanaman mengkudu. Bahkan, buah mengkudu Lampung sudah banyak diperjualbelikan ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Hal itu diakui sendiri oleh masyarakat pulau tersebut.

Seperti yang pernah ditulis oleh Tuteh Pharmantara, bahwa buah mengkudu memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Anda bisa membaca ulasan tentang buah berkhasiat tersebut dari seorang blogger cantik asal Kota Ende, NTT ini dalam artikel berjudul 5 Manfaat Buah Mengkudu.

Baik, kembali ke laptop. Kita lanjutkan pembahasan lebih jauh tentang bagaimana akses menuju ke Pulau Mengkudu. Apa saja daya tarik yang terdapat di dalamnya, bagaimana keadaan laut dan alam sekitarnya, berapa harga tiket masuknya, dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain sebagainya.

Menuju Lokasi Pulau Mengkudu

Secara geografis, Pulau Mengkudu berlokasi di Totoharjo, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Untuk akses kesana, Anda bisa menyewa perahu seharga Rp30 ribu dengan waktu tempuh hanya 20 menit dari Desa Kunjir.

Sementara apabila laut sedang dalam keadaan tidak bersahabat, Anda masih bisa memanfaatkan jalur darat dengan menaiki kendaraan bermotor. Namun sayangnya perjalanan hanya bisa sampai ke Desa Kahai saja. Selanjutnya Anda masih harus berjalan dengan jarak ± 20 kilometer dan butuh waktu tempuh sekitar 3 jam lamanya.

Jika memang keadaan mendukung dan tidak mau ribet, melalui jalur pertama adalah pilihan yang tepat. Tetapi bagi para traveler berjiwa petualang sejati, tidak ada salahnya untuk mencoba menaklukkan jalur kedua demi sampai di tujuan.

Daya Tarik Pulau Mengkudu Lampung Selatan

Bukan sekedar pulau biasa, bukan pula pantai yang hanya menyajikan tanaman buah mengkudu saja. Lebih daripada itu, fenomena unik yang menjadi daya tariknya adalah pasir timbul yang bisa menjadi daratan.

Pulau Mengkudu Lampung Selatan
Keunikan Pasir Timbul di Pulau Mengkudu

Jadi ketika air surut, pasir timbul dengan lebar hingga 10 meter dan panjang mencapai 20 meter ini bisa dilintasi untuk menyeberangi lautan. Hal itulah yang menjadikan nama Pulau Mengkudu begitu mudah dikenal wisatawan. Selain itu, birunya lautan dan hijaunya pepohonan yang rindang semakin menambah keelokan dari objek wisata di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan ini.

Kunjungi juga » Pantai Gigi Hiu Lampung, Panorama Indah di Selatan Pulau Sumatera

Meskipun keadaan lautnya sangat tenang, tetaplah berhati-hati saat hendak berenang. Karena kita tak pernah tahu, dibalik ketenangan terkadang ada keresahan yang harus dihempaskan. Hmmm

Untuk lebih memanjakan mata, Anda bisa menikmati pemandangan eksotis dari ketinggian dengan mendaki bukit kecil yang ada. Dari atas bukit, indahnya hamparan laut akan sangat nampak jelas terbentang. Namun Anda harus ekstra hati-hati ketika menaiki bukit tersebut, karena jalur untuk mendakinya terbilang cukup curam.

Dan untuk urusan berswafoto, bisa dipastikan spot-spot menawan di tempat ini sangat akrab dengan kamera. Karenanya, satu jepretan pun jangan sampai terlewatkan!

Pulau Mengkudu Lampung Selatan
Bukit di Pulau Mengkudu

Harga Tiket Masuk Pulau Mengkudu

Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa masuk pulau unik ini? Cukup murah! Hanya Rp10 ribu saja per orang, Rp10 ribu untuk parkir mobil, dan Rp5 ribu untuk parkir motor. Dengan biaya semurah itu, Anda sudah bisa merasakan keseruan dan menikmati segala keindahan di dalamnya.

Puas menjelajahi pulau yang satu ini, jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke sebuah pantai yang lokasinya tidak berjauhan. Nama pantai tersebut adalah Pantai Batu Lapis. Harga tiket masuknya pun sama murahnya, yakni hanya Rp10 ribu juga per orang. Kedua obyek wisata ini ibarat satu paket yang sayang sekali apabila salah satunya tidak Anda datangi.

Lihat » Pantai Batu Lapis Lampung Bagian dari Keindahan Pulau Mengkudu

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah bimbang menentukan destinasi wisata, maka Pulau Mengkudu Lampung Selatan adalah jawabannya. Temukan pengalaman luar biasa dalam menikmati liburan bersama orang-orang terdekat Anda.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!