Pempek Lampung Juga Tidak Kalah Lezat dari Pempek Palembang

Pempek adalah kuliner khas yang berasal dari kota Palembang. Namun, tahukah Anda jika pempek juga ada yang berasal dari Lampung? Dan ternyata, pempek Lampung ini juga tidak kalah rasa dari pempek Palembang. Penasaran? Yuk, cari tahu kebenarannya!

Pempek merupakan makanan yang memiliki cita rasa khas. Tidak sedikit masyarakat Indonesia jatuh hati dengan rasa khas dari makanan berkuah cuka ini. Jenis pempek pun beraneka macam. Ada pempek lenjer, lenggang, pempek kapal selam, pempek kulit, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang hobi mengkonsumsi kuliner khas satu ini, tentu wajib menikmati pempek yang berasal dari Lampung. Apakah berbeda antara pempek yang berasal dari Lampung dengan pempek yang berasal dari Palembang? Ketahuilah bahwa pempek dari Lampung memiliki rasa yang tidak kalah lezatnya dengan pempek asal Palembang.

Kuah Pempek Lampung Lebih Pekat

Terbuat dari ikan segar seperti ikan tenggiri sebagai bahan utama, pempek ikan dari Lampung memiliki cita rasa yang lebih kuat dibanding pempek Palembang. Rasa campuran ikan pada pempek lebih terasa sehingga menambah kenikmatan Anda dalam mengkonsumsi pempek dari Lampung.

Untuk menikmati kelezatannya, Anda perlu menyiram pempek dengan kuah cuka. Rasa pempek tersebut akan semakin mantap bagi Anda yang suka dengan kuah pedas. Terkadang pempek juga masih ditambahkan dengan irisan-irisan mentimun sebagai pelengkap rasa.

Pempek Lampung
Pempek dengan kuah cuka

Pempek yang berasal dari Lampung memiliki rasa yang nikmat. Selain berasal dari rasa ikan yang lebih kuat, juga berasal dari kuah pempek yang berbeda dengan kuah pempek dari Palembang. Perlu Anda ketahui bahwa kuah pempek buatan Lampung lebih pekat dibanding kuah pempek Palembang.

Mengapa demikian? Karena kuah pempek tersebut dibuat dari biang cuka yang lebih pekat. Selain menghasilkan warna kuah pempek yang lebih pekat, juga membuat rasa kuah pempek dari Lampung terasa lebih tajam dan sedap.

Kepekatan dari Kuah Pempek Terkait Cita Rasa

Disebutkan sebelumnya, jika lezatnya pempek yang berasal dari Lampung disebabkan kuah yang terbuat dari biang cuka yang lebih pekat. Namun, ternyata tidak hanya karena menggunakan biang cuka tersebut rahasianya. Ada dua resep rahasia yang menyebabkan rasa dari kuah pempek ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Resep rahasia pertama adalah kuah pempek dicampur dengan ikan yang sama untuk digunakan pada bahan utama adonan pempek. Agar kuah pempek tersebut tidak memiliki ampas dari ikan, maka sebelumnya dilakukan penyaringan. Resep rahasia kedua adalah gula aren yang digunakan pada kuah pempek berasal dari aren asli, sehingga warnanya jadi lebih pekat.

Penjelasan mulai dari bahan utama hingga kuah pempek, cukup membuktikan bahwa rasa dari pempek Lampung memang tidak kalah rasa dari pempek Palembang. Ketika Anda baru pertama kali mencoba pempek dari Lampung, Anda akan dibuat ketagihan untuk mencobanya kembali. Rasa ikan dan kuah dari pempek membuat lidah tidak bisa berbohong mengatakan bahwa pempek dari Lampung memang sangat lezat dan nikmat.

Coba juga » Mencicipi Lezatnya Seruit Lampung, Makanan Khas Bumi Ruwa Jurai

Tempat Makan Pempek di Kota Bandar Lampung yang Terkenal Kelezatannya

Pempek menjadi kuliner khas yang cocok sebagai camilan di waktu kapan saja. Sehingga ketika Anda berada di Lampung dan ingin menikmati kuliner khas bernama pempek, kini bukan cara yang sulit. Di beberapa sudut kota Lampung, banyak terdapat warung kuliner atau kedai pempek yang ramai dikunjungi oleh pembeli.

Namun diantara sekian banyak produsen pempek di Lampung, ada satu nama yang cukup terkenal akan kualitas dan rasa khas pempeknya, yakni Pempek 123. Memiliki 2 outlet di pusat Kota Bandar Lampung, Pempek 123 melayani pembelian secara langsung maupun secara online.

Aneka jenis pempek dengan teksturnya yang maknyus bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau di tempat ini. Tersedia macam-macam pempek seperti pempek telur, pempek kulit, pempek lenjer, lenggang, kapal selam, pempek kates, ada’an dll.

Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi kelezatan rasa pempek buatan Lampung, Anda bisa datang langsung ke salah satu outlet Pempek 123 berikut;

Jl. Jend. Sudirman No. 15/78 Rawa Laut
Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung
Telepon: (0721) 255791

Jl. Ikan Belanak No. 15, Pesawahan
Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung
Telepon: (0721) 474123

Jadi, jika dalam rangka apapun Anda berkunjung ke Kota Bandar Lampung, sempatkan sejenak singgah di Pempek 123. Beraneka macam jenis pempek bisa Anda nikmati langsung di tempat ini. Selain itu, bisa juga dibungkus sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Selamat menikmati!

Berikan Tanggapan Anda