Home » Kuliner » Mie Khodon Bandar Lampung, Warung Kuliner Legendaris Paling Laris
Mie Khodon Bandar Lampung

Mie Khodon Bandar Lampung, Warung Kuliner Legendaris Paling Laris

Lebih dari 50 tahun, Mie Khodon Bandar Lampung menjadi tempat bersantap favorit bagi masyarakat Lampung. Pasalnya, di warung sederhana dan legendaris ini tersaji Mie Khodon kuliner khas Lampung. Dari penuturan beberapa orang yang pernah mencicipi, cita rasa mie khodon mampu menggugah selera makan. Benarkah? Lalu siapa pencetus ide masakan tersebut?

Sejarah Mie Khodon Bandar Lampung

Pemilik Warung Mie Khodon yang sekarang adalah Pak Subarno. Menurut tutur ceritanya, nama makanan “mie khodon” diambil dari nama sang kakek. Dikisahkan oleh Pak Subarno, sekitar tahun 1960-an, kakeknya berjualan mie keliling di area sekitar Teluk Betung. Selama itu, si kakek dipanggil “Khodon” oleh para pembeli dagangannya.

Kemudian, usaha Mie Khodon diteruskan Pak Manto, ayah dari Pak Subarno. Pak Manto membuka kedai kecil di Jalan Ikan Tenggiri, Teluk Betung. Lokasinya sebelum Taman Dipangga, berhadapan dengan pabrik es batu.

Tahun 2000-an, Pak Subarno lantas mengambil alih dagangan Mie Khodon tersebut. Namun, ia memindahkan lokasi warung ke Jalan Ikan Bawal yang digunakan sampai sekarang.

Kelezatan Cita Rasa Mie Khodon Tiada Duanya

Berbeda dengan mayoritas mie, bahan baku Mie Khodon justru diproduksi sendiri. Bahan baku tersebut terdiri dari campuran tepung terigu dan telur. Kandungannya halal dan alami, tanpa bahan pengawet atau zat kimia lain.

Mie Khodon Bandar Lampung
Bahan baku Mie Khodon

Bentuk Mie Khodon mengingatkan pada mie tek-tek. Bedanya, Mie Khodon cenderung basah dan terdapat udang kering. Tentu saja, Mie Khodon ini dikombinasikan dengan bumbu rahasia. Jadi, rasanya tidak sama seperti mie tek-tek.

Nah, yang spesial dari Mie Khodon salah satunya adalah kuah kaldu ayam. Aroma dan rasanya itu lho, gurih banget! Apalagi disantap dalam kondisi hangat. Bagian topping Mie Khodon juga mantap; ada kol, sawi, telur, suwiran ayam goreng, dan irisan ebi. Ditambah siraman sambal, cita rasa mie khas Lampung ini makin nendang.

Mie Khodon Bandar Lampung
Mie Khodon kuah kaldu yang maknyus …

Yuk, cicipin » Pempek Lampung Juga Tidak Kalah Lezat dari Pempek Palembang

Tekstur Mie Khodon tergolong besar, tetapi tetap empuk dan enak. Keseluruhan, Mie Khodon memiliki cita rasa lumayan manis, cukup asin, pedas, serta gurih. Intinya, pas banget di lidah, tidak kurang ataupun lebih. Sementara untuk menikmati Mie Khodon, Anda cukup membayar Rp17 ribu saja per porsi.

Mie Khodon Bandar Lampung
Mie Khodon goreng yang gurih!

Lokasi Mie Khodon Bandar Lampung

Warung Mie Khodon mudah diakses dari berbagai arah. Anda bisa naik kendaraan pribadi atau angkutan kota yang menuju Supermarket Chandra. Tepatnya, Mie Khodon berlokasi di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung. Karena tidak ada kontak telepon, Anda harus langsung ke sana untuk mencicipi masakannya.

Peta lokasi Mie Khodon

Mengenai jam operasional, Warung Mie Khodon buka setiap hari mulai pukul 13.00 sampai 18.00 WIB. Upayakan datang sebelum jam 17.00, ya, karena biasanya Mie Khodon ludes diserbu konsumen antara pukul 17.00-18.00. Keren, kan?

Nah… sekarang, tinggal Anda mengatur waktu yang tepat untuk mengunjungi Warung Mie Khodon Bandar Lampung. Jangan lupa, ajak keluarga dan teman-teman bersantap di tempat ini. Ajak mimin juga boleh, hihi.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!