Home » Buah Tangan » Kue Lapis Legit, Jajanan Khas Lampung yang Harganya Selangit
Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit, Jajanan Khas Lampung yang Harganya Selangit

Jika Anda bertamu ke rumah orang asli Lampung saat hari raya, kemungkinan Anda akan menemui jajanan istimewa bernama lapis legit. Berikut ini ulasan mengenai kue lapis legit khas Lampung.

Sesuai dengan namanya, tampilan kue ini tampak berlapis dengan rasa yang legit. Wanginya sangat menggoda. Namun bagi Anda yang kurang menyukai rasa manis, mungkin Anda tidak akan cocok dengan kue yang harganya terbilang lumayan mahal ini.

Sekilas Sejarah Lapis Legit

Asal mula sejarah lapis legit berawal ketika masa penjajahan Belanda. Tidak jelas siapa yang pertama kali membuat kue ini, hanya saja diketahui ia orang Belanda. Kemudian masyarakat mengubah kue tersebut menjadi digemari banyak orang.

Nama kue lapis ini awalnya adalah Spekkoek, di mana secara harfiah spek memiliki lapisan lemak babi. Bukan terbuat dari lemak babi sungguhan, melainkan merujuk pada bentuk kue berlapis yang menyerupai lemak babi. Namun orang Indonesia lebih suka mengartikan spekkoek dengan nama kue seribu lapis.

Untuk membuat kue lapis legit yang sempurna, setidaknya dibutuhkan sebanyak 18 lapisan. Dahulu, selain membutuhkan keterampilan khusus, waktu pembuatannya juga sangat lama. Karena banyaknya lapisan dan kesulitan dalam membuatnya, tidak heran jika kue ini dipatok dengan harga yang cukup mahal.

Bahan untuk membuat lapis legit juga cukup unik. Bahan utama adalah telur, tepung terigu dan mentega dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk dapat membuat lapis legit, diperlukan keterampilan dan kesabaran yang cukup tinggi.

Kue Lapis Legit Lampung

Bagi masyarakat Lampung sendiri, kue lapis legit menjadi hidangan yang wajib dihadirkan. Di samping kedudukannya yang istimewa, orang Lampung asli umumnya sangat menggemari kue ini. Kuenya terasa lembut saat digigit, dan rasanya begitu manis.

Yuk, cicipi juga » Lampung Bona Cake, Oleh-Oleh Kekinian yang Nyegerin

Kenapa hanya ada setahun sekali saat hari raya? Karena kue ini tergolong mahal. Untuk 100 gram tepung terigu, misalnya, dibutuhkan sekitar 300 gram mentega dan 30 butir telur ayam.

Selain itu, dalam proses pembuatanya, dibutuhkan ketelitian, keterampilan, dan kesabaran untuk menyelesaikan satu adonan kue. Setiap lapisan harus dipanggang secara perlahan dan penuh kehati-hatian. Kesalahan sedikit saja, bisa merusak kualitas kue, atau yang fatal bisa menyebabkan gagal dalam pembuatan.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue ini juga sangat lama. Untuk membuat 5-7 lapis, bisa menghabiskan waktu hingga 7 jam. Dengan semua itu, tidak heran jika kue ini dipandang istimewa dan tergolong mahal. Jika Anda ingin membeli kue ini, siapkan budget sekitar Rp300.000 – Rp500.000 untuk 1 loyang kecil dan Rp600.000 – Rp800.000 untuk  1 loyang besar.

Kue Lapis Legit
Aneka jenis Legit Lampung (Instagram @warungq_shop)

Proses Pengolahan

Untuk lapis legit khas Lampung, biasanya lapisannya tidak terlalu banyak, sekitar 5-7 lapis. Namun ada juga yang mencapai 18 lapisan bahkan lebih. Bahan dasarnya adalah mentega, kuning telur, terigu, dan gula. Kuning telur yang dibutuhkan mencapai 30 butir atau lebih, tergantung seberapa banyak yang akan dibuat.

Loyang yang dipakai umumnya memiliki (18 x 18) cm atau (20 x 20) cm dan bentuknya segiempat. Ovennya bisa oven gas maupun oven listrik.

Untuk membuatnya, terlebih dahulu kocok telur, gula, dan vanili. Jika sudah tampak setengah mengambang, masukkan tepung terigu, susu dan mentega,lalu aduk hingga rata.

Tuangkan sedikit adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi mentega untuk membuat satu lapisan  dari lapis legit. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang hingga keemasan. Jika sudah, keluarkan loyang. Ulangi lagi proses tersebut hingga adonan habis.

Selain di Lampung, lapis legit juga terdapat di berbagai daerah lain, seperti Pontianak dan Bangka. Tidak sebatas rasa original saja, kini sudah banyak varian rasa dari lapis legit, seperti keju, pandan, atau cokelat. Terkadang dalam pembuatannya, juga ditambahkan susu dan mentega yang lebih banyak.

Apakah Anda tertarik untuk mencicipi kue lapis legit yang istimewa ini? Atau, bisa juga menjadikan legit Lampung sebagai buah tangan spesial untuk orang rumah Anda.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!