Home » Pendidikan » Upaya Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan di Lampung
Pendidikan di Lampung

Upaya Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan di Lampung

Kualitas dan Mutu Pendidikan di Lampung – Pendidikan adalah sebuah hal yang sangat penting untuk kemajuan bangsa ini. Salah satu hal yang sangat krusial ketika berbicara tentang pendidikan adalah bangunan sekolah.

Hingga hari ini kualitas pendidikan di Indonesia memang cukup memprihatinkan, karena memang masih banyak sekali sekolah di Indonesia yang masih berada dibawah standar nasional. Faktor tersebut membuat banyak masyarakat yang akhirnya tidak bisa memberikan pendidikan yang formal kepada anak mereka, karena kurangnya akses pendidikan yang layak.

Hal ini juga terjadi di Lampung. Dimana masih banyak sekolah yang ada di Lampung, khususnya yang ada di daerah pinggiran provinsi ini yang masih jauh dari kata standar. Seperti gedung bangunan yang tua dan kumuh, sistem sanitasi dan MCK yang kotor dan tak terurus, serta kondisi kelas yang juga cukup memprihatinkan.

Sebab itulah yang akhirnya membuat provinsi ini mengambil langkah tepat untuk melawan ketimpangan kualitas pendidikan dari Lampung pinggiran ke pusat Provinsi Lampung. Sebagai salah satu provinsi yang cukup maju di Indonesia, provinsi ini tengah berusaha untuk meningkatkan infrastruktur pendidikan. Langkah tersebut dilakukan guna menggenjot kualitas dan mutu pendidikan di Lampung.

Baca juga » IBI Darmajaya Bandar Lampung, Pencetak Technopreneur Terkemuka di Lampung

Alokasi Dana Untuk Meningkatkan Infrastruktur Pendidikan di Lampung

Salah satu upaya pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung adalah dengan menaikkan anggaran biaya pendidikan.

Selain itu juga meningkatkan alokasi dana yang nantinya akan disebar ke seluruh stakeholder pendidikan seperti dinas, sekolah, guru-guru, dan seluruh infrastruktur yang mendukung. Tidak main-main, dana yang dialokasikan untuk dinas pendidikan melonjak hampir 200%, dari 54 milyar menjadi 190 milyar.

Alokasi dana yang ada akan dimulai dengan pembenahan gedung sekolah yang ada di provinsi ini. Hal tersebut dikarenakan gedung sekolah adalah sebuah aspek yang sangat vital ketika berbicara mengenai pendidikan. Dengan dibenahinya sekolah, maka masyarakat Lampung bisa dengan mudah bersekolah dan akhirnya mampu mengenyam pendidikan secara formal.

Selain gedung sekolah, pemerintah Lampung juga berusaha untuk meningkatkan jumlah sekolah yang ada. Karena memang daerah coverage sekolah masih sangat timpang, dimana daerah pinggiran Lampung yang paling merasakan dampak dari kekurangan sekolah ini.

Selain itu, aspek lainnya yang sangat penting untuk pendidikan adalah guru. Baru-baru ini kita sering melihat demonstrasi besar-besaran yang ada di Indonesia menyangkut guru honorer yang hidup memprihatinkan.

Pengangkatan guru honorer menjadi PNS, dan juga pemberian fasilitas tambahan untuk berbagai guru honorer juga menjadi salah satu agenda dari Pemprov Lampung.

Program Bantuan Pendidikan di Lampung

Masalah yang juga cukup memprihatinkan di Provinsi Lampung adalah tingginya angka putus sekolah untuk golongan SD dan SMP. Pada tahun 2017 saja tercatat sekitar 60 ribu anak SD di Lampung yang terpaksa putus sekolah.

Ada berbagai macam faktor yang melatarbelakangi masalah tersebut, salah satunya adalah faktor kemiskinan. Hal ini tentu saja sangat mengejutkan karena mengingat dekatnya Lampung ke pusat ibu kota dan lancarnya roda perekonomian Lampung.

Salah satu hal yang dijadikan sebuah solusi adalah menggencarkan program KJ4 atau kartu jaminan 4. Adanya KJ4 ini, diharapkan anak-anak di Lampung bisa terus mengenyam pendidikan secara nyaman dan bebas dari berbagai tanggungan biaya yang ada.

Semoga dengan program bantuan dari pemerintah tersebut, mutu dan kualitas pendidikan di Lampung kedepannya menjadi semakin lebih baik lagi.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!