Kodim Lampung Timur Resmi Berdiri di Penghujung Tahun 2018

Kabar baik datang untuk masyarakat Lampung, khususnya Lampung Timur. Komando Distrik Militer atau lebih familiar dikenal sebagai Kodim, akhirnya resmi berdiri pada 23 November 2018. Peresmian Kodim Lampung Timur dilakukan oleh Mayjen TNI Irwan, S.I.P M. Hum, Panglima Kodam (pangdam) II Sriwijaya.

Pada amanatnya, Pangdam Mayjen Irwan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemerintahan Lampung Timur, masyarakat setempat, beserta tokoh agama. Ia menyatakan, Kodim sangat relevan sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas TNI AD di Kabupaten Lampung Timur.

Nantinya, Kodim ini berguna untuk pelaksanaan dalam merespon keamanan dan ketertiban wilayah sebagai komando. Ia juga berpesan kepada personel TNI yang bertugas, agar bersinergi dengan seluruh instansi dan masyarakat untuk mendukung program pemerintah di Kabupaten Lampung Timur.

Penandatanganan Prasasti oleh Pangdam II Sriwijaya (Gambar dari: galaksinews.com)

Rentetan acara peresmian disemarakkan dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Pangdam II Sriwijaya. Didampingi oleh Irjen Pol Purwadi Ariyanto, Kapolda Lampung, Susilo Yustinus Kajati Lampung, Burhanudin Dandim Lampung Timur dan Chusnunia Bupati Lampung Timur.

Berapa Kode Kodim Lampung Timur?

Setidaknya, di Indonesia terdapat 306 Komando Distrik Militer. Dalam setiap Kodim akan dipimpin oleh komandan yang mempunyai pangkat Letnan Kolonel dan Mayor.

Idealnya setiap wilayah daerah tingkat dua atau kabupaten mempunyai seharusnya satu Kodim. Jadi tiap Kodim kabupaten satu dengan lainnya tentunya berbeda. Antar Kodim pun mempunyai kode yang berbeda pula. Seperti halnya Kodim Lampung Timur yang memiliki kode 0429.

Pembangunan Makodim 0429 sebenarnya sudah dilaksanakan sejak dua tahun lalu. Yang mana peletakan batu pertama pembangunan Kodim ini sudah dilakukan pada tahun 2016. Namun berbagai faktor, peresmiannya baru dilakukan pada akhir tahun 2018.

Dimana Alamat Kodim 0429 Berlokasi?

Alamat Kodim 0429 Lampung Timur berada di jantung Kabupaten Lampung Timur, yaitu Sukadana. Lebih tepatnya di Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana. Menjabat sebagai Dandim 0429 saat ini adalah Letkol Infantri CH. Prabowo.

Peta Lokasi KODIM 0429 LAMTIM

Tujuan pendirian Kodim itu sendiri, yakni untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara mempererat hubungan sosial dengan seluruh komponen bangsa.

TNI ditugaskan menempati markas pada setiap wilayah daerah tingkat II. Tidak jarang, para prajurit negara ini bahkan sering kita temui turut melaksanakan tugas sosial seperti gotong royong bersama masyarakat.

Adanya kodim ini, tentu sangat membantu menyelaraskan tujuan bersama antara tentara dan warga sipil dalam menjaga keutuhan Indonesia.

Fakta Dibalik Perjuangan Pendirian Kodim 0429

Sebelum ada Kodim 0429 Lampung Timur, wilayah Kabupaten Lampung Timur selama ini di bawah Kodim Lampung Tengah bersama Kota Metro.

Memang di awal pembentukan Kodim di wilayah Lampung Timur tidak masuk dalam rencana strategis Angkatan Darat. Hal tersebut disebabkan Angkatan Darat sedang melakukan perkembangan kekuatan di wilayah Indonesia Timur.

Kodim Lampung Timur
(Gambar dari FB: KODIM 0429/Lamtim)

Namun, berkat usaha dan kerja keras pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Markas Kodim Lampung Timur akhirnya berdiri dan diresmikan.

Selain meresmikan Kodim di Lampung Timur, pada waktu yang bersamaan, Pangdam II Sriwijaya juga akan meresmikan empat Komando Rayon Militer (Koramil) dibawah Kodim 0429 LAMTIM.

Keempat Koramil yang akan diresmikan diantaranya; Koramil Kecamatan Way Bungur, Koramil Kecamatan Labuhanratu, Koramil Kecamatan Margatiga dan Koramil Kecamatan Bandar Sribhawono.

Apresiasi Para Tokoh atas Berdirinya Kodim 0429 LAMTIM

Bupati Lamtim, Chusnunia Chalim menyampaikan rasa syukur dapat merealisasikan pembangunan Kodim 0429 di wilayahnya. Terlebih pembangunan Makodim di Lampung Timur merupakan salah satu janjinya ketika baru dilantik. Meski begitu, keberhasilan pembangunan Makodim juga tidak lepas dari dukungan DPRD Lampung Timur.

(Gambar dari: humaslamtim.com)

Dengan adanya Makodim di Kabupaten Lampung Timur, dirinya berharap ketertiban dan keamanan di Lampung Timur lebih baik dari sebelumnya. Kerena Lampung Timur kategori daerah sedikit rawan kriminalitas, sehingga melekat stigma negative daerah rawan dan beberapa kali terjadi konflik.

Sementara itu, Nur Fauzan, anggota Komisi III DPRD Lampung Timur menyambut baik keberadaan Makodim di wilayah Lampung Timur. Karena nantinya dapat membantu Polri dalam menciptakan Kamtibmas di wilayah Lampung Timur.

Baca juga » Danau Bebek Lampung Timur Tidak Kalah Hits dari Way Kambas

Tokoh Agama Lampung Timur Fahimul Fuad menjelaskan, dengan rentang wilayah Lamtim yang amat luas, maka adanya Kodim Lampung Timur dapat menunjang keamanan dan kenyamanan masyarakat. Menurutnya, hal tersebut merupakan progress peningkatan keamanan yang sebelumnya masih dalam satu komando dengan Kodim 0411 Lampung Tengah.

Berikan Tanggapan Anda