Home » Buah Tangan » Keripik Pisang Lampung, Aneka Rasanya Bikin Ketagihan
Keripik Pisang Lampung

Keripik Pisang Lampung, Aneka Rasanya Bikin Ketagihan

Sedang berlibur ke Lampung? Jangan lupa beli Keripik Pisang Lampung sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Simak ulasan lengkap tentang cita rasa oleh-oleh populer dari pintu gerbang Sumatera tersebut dalam artikel berikut ini.

Provinsi Lampung sangat terkenal dengan hasil kebunnya yang berupa pisang. Tak heran jika di Lampung banyak terdapat toko atau pun warung pinggir jalan yang menjual aneka panganan dari olahan pisang. Salah satu yang kini banyak diproduksi dan menjadi oleh-oleh andalan dari provinsi ini adalah Keripik Pisang.

Keripik pisang merupakan camilan tradisional yang terbuat dari pisang yang masih agak keras atau setengah matang. Dan biasanya pisang yang banyak digunakan untuk membuat keripik pisang adalah jenis pisang kepok, pisang tanduk, pisang nangka, pisang raja, pisang ambon, dan pisang kapas.

Kelebihan Keripik Pisang dari Lampung

Pada dasarnya, keripik pisang dari kota Lampung tidak jauh berbeda dengan keripik pisang pada umumnya. Dari segi bentuknya pun juga sama. Yang membuat beda adalah kualitas pisang dan rasanya. Pisang yang digunakan untuk membuat keripik ini benar-benar dipilih jenis pisang dengan kualitas terbaik. Sehingga mampu menghasilkan rasa keripik pisang yang nikmat dan gurih.

Tidak hanya terbuat dari jenis pisang berkualitas unggul saja, tetapi keripik pisang dari kota ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa yang lezat di lidah. Jika rasa pada umumnya hanya tersedia dalam rasa manis dan asin, namun keripik pisang dari Lampung ini memiliki varian rasa beragam, mulai dari rasa original, asin, manis, cokelat, durian, nanas, mocacino, pedas, barbeque, keju, melon, dan lainnya.

Meskipun bentuknya terlihat tebal, namun teksturnya sangat renyah. Hal ini karena para produsen melakukan proses perendaman sebelum digoreng, agar getah pisangnya berkurang. Dan proses penggorengan pun dilakukan sebanyak dua kali. Sehingga hasilnya pisang terasa gurih dan renyah saat digigit. Pokoknya pasti ketagihan menikmatinya.

Coba juga » Goyang Lidah Bersama Bolen Mayang Sari Lampung

Harga Sangat Terjangkau

Untuk mendapatkan keripik pisang yang cukup populer ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak. Karena harga yang ditawarkan benar-benar sangat terjangkau. Para produsen keripik pisang membandrol dengan harga Rp. 50.000 per kilogramnya. Dan harga ini berlaku untuk semua jenis varian rasa.

Jika Anda yang tak ingin membeli dalam kemasan kilo, jangan khawatir. Karena para produsen keripik ini juga telah menyediakan kemasan dalam berbagai ukuran sesuai keinginan Anda.

Pusat Keripik Pisang Lampung

Pusat oleh-oleh keripik pisang khas kota Lampung berada di daerah rajabasa, di area Jalan Zainal Abidin Pagaralam. Lebih tepatnya berada di kawasan Gang PU. Di lokasi inilah tersebar para produsen keripik pisang di jalan yang membentang sekitar dua kilometer.

Ratusan pedagang, mulai dari yang kecil hingga produsen besar memenuhi area Gang PU yang tersebar di kiri dan kanan jalan. Di sini Anda akan merasa seperti berada di surganya keripik pisang.

Keripik Pisang Lampung
Instagram @mrmonkey.id & @iyen_foods

Selain di Gang PU, Anda juga bisa menemukan keripik pisang di berbagai toko oleh-oleh seperti Yen Yen atau Toko Iyen, keripik pisang Suseno, Mr Monkey atau pun di supermarket-supermarket di Lampung. Dan tiga toko tersebut merupakan merek keripik pisang yang cukup populer di Lampung. Jadi saat Anda bertanya lokasi tepatnya, kebanyakan warga Lampung dapat menunjukkannya dengan baik.

Mampir juga ke » Pusat Oleh-Oleh Lampung Terlaris dan Paling Hits, Aneka Sari Rasa

Demikianlah ulasan mengenai salah satu oleh-oleh paling populer dari provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, yaitu Keripik Pisang Lampung. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda menemukan camilan khas daerah Lampung yang direkomendasikan.

Berikan Tanggapan Anda