Home » Budaya » Kain Tapis Lampung, Warisan Budaya Bernilai Tinggi
Kain Tapis Lampung

Kain Tapis Lampung, Warisan Budaya Bernilai Tinggi

Dalam kesempatan ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Kain Tapis Lampung. Mulai dari sejarahnya, hingga beraneka ragam motif atau jenisnya. Apa saja? Yuk, simak!

Kain tapis bisa dikatakan sebagai pakaian adat yang biasanya dikenakan oleh wanita Lampung. Kain ini merupakan kain hasil tenun dari kapas yang mempunyai motif tertentu dari bahan benang perak atau emas. Belakangan ini tapis sudah menjadi oleh-oleh atau souvenir andalan Lampung.

Mengenal Sejarah Kain Tapis Lampung

Kain tapis adalah suatu jenis kerajinan tradisional dari masyarakat Lampung untuk menyelaraskan kehidupan. Menyelaraskan di sini adalah menyelaraskan antara lingkungan hidup dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Oleh sebab itu, sejarah kain tapis Lampung ditempuh melalui beberapa tahapan yang mengarah pada kesempurnaan dari teknik tenunnya. Selain itu juga kesempurnaan dari cara memberikan hiasan yang sesuai dengan perkembangan dari kebudayaan masyarakat setempat.

Van der Hoop berpendapat, bahwa masyarakat Lampung telah menenun kain nampan (tampan) dan juga kain pelepai semenjak abad ke-2 Sebelum Masehi. Motif dari tenunan ini adalah kait dan kunci, bangunan berisi roh manusia yang meninggal, dan pohon hayat.

Ada juga motif lainnya seperti motif binatang, bunga melati, matahari, dan juga bulan. Selain itu, dikenal pula tenun kain tapis bertingkat yang disulam menggunakan benang sutera putih dan disebut Kain Tapis Inuh.

Kain Tapis Lampung
Aneka motif Kain Tapis (Instagram @dewitriretna)

Pengaruh tradisi zaman Neolitikum dipercaya melekat kuat pada motif kain tapis khas Lampung. Hiasan dan unsur pada kain tapis Lampung ini semakin kaya ketika islam mulai masuk ke Lampung.

Walau unsur baru banyak mempengaruhi, akan tetapi unsur lama tetap berusaha untuk dipertahankan. Hasil tenun Lampung ini juga semakin berkembang tatkala mulai berkembangnya jaringan maritim yang dimulai sejak zaman Hindu Indonesia.

Apa Saja Jenis Tapis Lampung?

Kain tapis dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis tapis Lampung ini dibedakan berdasarkan pemakaiannya maupun dari motifnya. Sebenarnya terdapat banyak jenis kain tapis, namun kali ini akan disajikan beberapa saja yang terpopuler.

Berikut merupakan jenis-jenis dari kain tapis paling populer;

  1. Tapis Raja Medal

    Fungsi kain tapis ini untuk dipakai oleh pengantin wanita saat melangsungkan upacara pernikahan adat Lampung. Selain itu juga dipakai oleh istri kerabat tertua dan dipakai juga untuk pengambilan gelar Sultan atau Pangeran. Motif jenis ini adalah motif ayam dan juga motif rebung.

  2. Tapis Raja Tunggal

    Merupakan tapis yang mempunyai motif binatang, orang yang sedang menaiki kuda, dan juga orang yang sedang menaiki perahu.

  3. Tapis Tuho

    Kain tapis yang berwarna coklat dan biru ini dipakai oleh wanita yang sudah menikah dan pada saat mengiring pengantin wanita. Motif kainnya adalah binatang pada bagian atasnya dan juga sasab tegak pada pembatas warnanya.

Mudahnya Dapatkan Tapis Khas Lampung

Tapis khas Lampung saat ini sudah menjadi produk andalan Lampung yang menjadi buruan wisatawan. Jika berkunjung ke Lampung dan ingin memilikinya, maka tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkannya.

Hal itu dikarenakan sudah banyak toko yang menjual kain khas Lampung ini. Harganya pun sangat relatif, mulai dari Rp110 ribu hingga jutaan rupiah.

(Gambar via Instagram @kaintapiskakyati)

Lihat juga » Kaos Lampung Jadi Oleh-Oleh Khas dan Keren Bagi Wisatawan

Selain kain, terdapat juga baju tapis yang mempunyai tampilan keren dan kekinian. Walau demikian, tampilan khas tapis, seperti motifnya tetap dipertahankan. Harga juga tidak terlampau jauh dari kain tapis, yaitu berkisar antara Rp160 ribu sampai Rp450 ribu rupiah. Dengan motif yang beragam nan indah, harga tersebut sudah termasuk murah.

Gerrad aja pake Tapis lho …

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai kain tapis Lampung, salah satu warisan budaya di Indonesia. Mengikuti trend global memang tidak ada salahnya, namun menjaga budaya sendiri itu lebih utama. Apalagi budaya Indonesia sudah terkenal luas akan keindahannya, seperti tenun tapis Lampung satu diantaranya.

Kini, kita bisa menjumpai beragam kain tapis modern yang unik dan elegan. Saking bagusnya kain tapis modern ini, permintaan pasar pun semakin naik setiap tahunnya. Ini tentu membuktikan bahwa Kain Tapis Lampung adalah warisan budaya bernilai ekonomis tinggi.

Berikan Tanggapan Anda