Home » Ragam Info » Nama – Nama Kabupaten di Provinsi Lampung Beserta Ibukotanya
Kabupaten di Provinsi Lampung

Nama – Nama Kabupaten di Provinsi Lampung Beserta Ibukotanya

Kabupaten di Provinsi Lampung yang awalnya hanya ada tiga, saat ini sudah berjumlah lima belas meliputi 13 kabupaten dan 2 kota di dalamnya. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Provinsi Lampung resmi berdiri pada tanggal 18 Maret 1964 dengan dasar hukum PP No. 14 tahun 1964. Provinsi yang memiliki luas 34.623,80 km persegi ini saat awal berdirinya hanya terdiri dari 3 Kabupaten saja. Namun seiring dengan adanya pemekaran wilayah, kini Lampung telah memiliki 15 Kabupaten atau Kota.

Baca » Sejarah Provinsi Lampung yang Tak Boleh Dilupakan

Kabupaten di Provinsi Lampung Beserta Ibukotanya

Berikut ini daftar kabupaten di Provinsi Lampung disertai dengan masing-masing ibukotanya, yang terdiri dari 13 kabupaten dan 2 kota di dalamnya.

1. Bandar Lampung

Bandar Lampung adalah ibukota dari Provinsi Lampung. Sedangkan ibukota Bandar Lampung terletak di Teluk Betung Utara. Kota ini termasuk kota yang sangat padat, dan menempati urutan ketiga untuk kota terpadat di Pulau Sumatra.

Kabupaten di Provinsi Lampung
Pusat Kota Bandar Lampung
(Instagram :
@imkobal / Photo Capture by @sigit_a_nugroho)

2. Metro

Metro yang beribukota di Metro Pusat merupakan kota terbesar kedua di Lampung. Selain itu kota ini juga dikenal sebagai kota pendidikan yang ada di Provinsi Lampung. Tingkat kriminalitas serta arus kemacetan sangat rendah di sini. Itulah mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa kota Metro adalah tempat nyaman untuk ditinggali. Terlebih biaya hidup di Metro juga sangat murah.

Pusat Kota Metro (Instagram : @irfanch4n)

3. Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan memiliki peranan penting bagi Provinsi Lampung. Kabupaten yang beribukota di Kalianda ini merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera, yaitu wilayah akses masuk daerah lain yang hendak menuju Pulau Sumatra.

4. Kabupaten Lampung Barat

Awalnya Kabupaten Lampung Barat adalah bagian dari Kabupaten Lampung Utara. Namun kini Lampung Barat telah menjadi daerah otonom sebagai hasil dari pemekaran wilayah Lampung Utara. Kabupaten dengan ibukotanya di Liwa ini merupakan Kabupaten di Provinsi Lampung yang didominasi oleh area perbukitan dan pantai di sepanjang pesisir wilayah barat Lampung.

5. Kabupaten Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara dulunya merupakan Kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki wilayah paling luas. Kemudian Kabupaten yang beribukota di Kota Bumi ini dimekarkan menjadi beberapa wilayah otonomi baru, yaitu Way Kanan, Lampung Barat, dan Tulang Bawang.

6. Kabupaten Lampung Tengah

Kabupaten Lampung Tengah beribukota di Gunung Sugih. Pada awal terbentuk, Kabupaten Lampung Tengah adalah Kabupaten terluas kedua setelah Lampung Utara.

7. Kabupaten Lampung Timur

Kabupaten Lampung Timur dengan ibukota di Sukadana ini awalnya daerah bagian dari Lampung Tengah. Namun pada tahun 1999, Lampung Timur memisahkan diri. Kabupaten ini terkenal dengan Taman Nasional penangkaran gajah Way Kambas.

8. Kabupaten Way Kanan

Way Kanan beribukota di Blambangan Umpu. Kabupaten ini hanya berjarak sekitar 5-6 jam dari pusat kota Bandar Lampung.

9. Kabupaten Tulang Bawang

Ibukota Tulang Bawang terletak di Menggala. Awalnya Kabupaten ini bagian dari Kabupaten Lampung Utara, sebelum adanya pemekaran wilayah.

10. Kabupaten Tulang Bawang Barat

Ibukota Tulang Bawang Barat adalah Tulang Bawang Tengah. Kabupaten ini memiliki motto “Ragem sai Mangi Mawar” (Kebersamaan menuju keberhasilan).

11. Kabupaten Mesuji

Mesuji yang beribukota di Mesuji ini merupakan wilayah Kabupaten yang letaknya paling jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

12. Kabupaten Tanggamus

Kabupaten Tanggamus beribukota di Kota Agung. Nama Tanggamus sendiri berasal dari nama sebuah gunung di Tanggamus.

13. Kabupaten Pesawaran

Ibukota Kabupaten Pesawaran ada di Gedong Tataan. Kabupaten ini awalnya bagian dari Kabupaten Lampung Selatan.

14. Kabupaten Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat dengan ibukota di Krui ini merupakan pecahan Kabupaten Lampung Barat.

15. Kabupaten Pringsewu

Kabupaten Pringsewu yang memiliki ibukota di Pringsewu ini dikenal juga sebagai “Jawa” nya Lampung.

Tengok juga » Sejarah Kabupaten Pringsewu Lampung Sejak Mulai Terbentuk

Demikianlah nama-nama Kabupaten di Provinsi Lampung beserta ibukotanya. Semoga pembahasan ini bermanfaat, terutama bagi pengetahuan Anda tentang Lampung. Jangan ragu berbagi informasinya melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!