Home » Pendidikan » Institut Teknologi Sumatera, Ikon Perguruan Tinggi di Kota Baru Lampung
Institut Teknologi Sumatera

Institut Teknologi Sumatera, Ikon Perguruan Tinggi di Kota Baru Lampung

Meskipun terbilang baru, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memiliki kualitas unggul dan mampu bersaing dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia lainnya. Apa saja jurusan dan program studi Perguruan Tinggi Negeri yang berdiri di Kota Baru, Provinsi Lampung ini?

Seperti namanya, universitas satu ini fokus pada bidang teknologi seperti Institut Teknologi yang ada di Bandung. Jadi, untuk Anda warga Sumatera dan sekitarnya yang ingin kuliah jurusan teknologi, ITERA bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda.

Sejarah Berdirinya Institut Teknologi Sumatera

ITERA (Institut Teknologi Sumatera) resmi dibuka pada 6 Oktober 2014 lewat Peraturan Presiden yang menyatakan jika ITERA merupakan Perguruan Tinggi Negeri. Dalam 10 tahun ke depan, ITERA akan secara langsung diberi pembinaan dan dikembangkan di bawah pengawasan ITB (Institut Teknologi Bandung). Pengelolaan ITS akan dikembangkan dengan kualitas yang sama seperti ITB.

ITERA resmi dibuka Tahun 2014

Bersamaan dengan peresmian ITERA di Sumatera, di Kalimantan juga didirikan Institut Teknologi bernama ITK (Institut Teknologi Kalimantan) dengan program, kualitas, serta program studi yang sama dengan di ITB. Untuk ITERA, prodi yang disediakan akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan tenaga sarjana berkualitas terutama di Provinsi Sumatera.

Baca juga » Universitas Malahayati Bandar Lampung, Perguruan Tinggi Bergengsi di Sumatera

Sebelum ITERA dan ITK resmi dibuka, Indonesia hanya memiliki dua Institut Teknologi yaitu ITB Bandung, dan ITS Surabaya yang berada di Pulau Jawa. Kapasitas yang ada di kedua Institut Teknologi ini telah melebihi daya tampung namun kebutuhan sarjana teknologi di Indonesia semakin meningkat. Hal ini yang melatar belakangi peresmian Institut Teknologi baru di luar Pulau Jawa agar sumber daya semakin merata dalam skala nasional.

Kemendikbud mempunyai program untuk mendirikan Institut Teknologi di Pulau Sumatera. Susunan proposal telah dibuat pada tahun 2011. Dikeluarkannya SK Mendikbud No.060/P/2012 menetapkan jika lokasi ITERA berada di Kota Baru, Kab. Lampung Selatan, Prov. Lampung. Setelah itu surat keputusan Presiden keluar untuk meresmikan pembangunannya.

Sembari menunggu pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana kampus selesai dengan bantuan dari ITB, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi di Sumatera juga turut serta membantu pengembangan ITERA.

Jurusan dan Program Studi di ITERA

Berikut ini daftar jurusan dan pengelompokan studi di Institut Teknologi Sumatera.

  1. Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan

    Prodi yang termasuk ke dalam jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan ITERA, adalah Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, dan Teknik Geomatika. Selain itu, juga ada Teknik Kelautan, Arsitektur Lanskap, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Produk (penerbitan izin masih dalam proses).

  2. Jurusan Teknologi Produksi dan Industri

    Prodi yang termasuk ke dalam jurusan Teknologi Produksi dan Industri antara lain Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Teknik Mesin. Selain itu ada Teknik Geologi, Teknik Sistem Energi, Teknik Telekomunikasi, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Biosistem, dan Teknik Material. Dalam prodi ini juga terdapat Rekayasa Kehutanan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Biomedis yang penerbitan izinnya masih dalam proses.

  3. Jurusan Sains

    Prodi yang termasuk ke dalam jurusan Sains ITERA di antaranya yaitu Matematika, Kimia, Farmasi, Biologi, Fisika, Sains Atmosfir Keplanetan, dan Sains Aktuaria. Untuk prodi Sains Komputasi dan Sains Lingkungan Kelautan, penerbitan izinnya masih dalam proses.

Alamat Institut Teknologi Sumatera

Institut Teknologi Sumatera
Kampus ITERA

Jalan Terusan Ryacudu, Jati Agung,
Lampung Selatan, 35365 Lampung
Telepon. (0721) 8030188
Website: https://www.itera.ac.id

Institut Teknologi Sumatera menjadi salah satu pilihan kampus terbaik di Sumatera untuk yang ingin belajar Iptek. Kini, para putra putri Sumatera tidak perlu lagi jauh-jauh ke Bandung atau Surabaya untuk belajar di Institut Teknologi.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!