Beranda » Buah Tangan » Engkak Ketan Lampung Lembut dan Tahan Lama
Engkak Ketan Lampung

Engkak Ketan Lampung Lembut dan Tahan Lama

Engkak Ketan Lampung merupakan salah satu kue tradisional khas Lampung. Engkak ketan khas Lampung memiliki bentuk seperti kue lapis legit. Namun, kue engkak mempunyai tekstur lebih lembut dan tahan lama daripada kue lapis legit. Warna dari kue engkak juga lebih gelap dari kue lapis legit.

Lalu, seperti apa sih kue engkak ketan khas Lampung yang lembut dan tahan lama ini? Simak ulasannya berikut ini.

Engkak Ketan Lampung yang Abadi

Sebagai kue basah tradisional, engkak ketan khas Lampung memiliki sejarah yang panjang. Sudah sejak dahulu hingga sekarang, kue engkak yang abadi ini menemani setiap acara istimewa masyarakat Lampung. Seperti acara adat pernikahan hingga hari perayaan lebaran. Kue engkak akan disajikan bersama kue lapis legit dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur yang berlapis.

Kue Engkak Ketan Khas Lampung

Kue engkak ketan memang sering disamakan dengan kue lapis legit. Apalagi jika dilihat sekilas keduanya memiliki bentuk yang sama berlapis. Namun, ternyata jika dicicipi kue engkak ketan dan kue lapis legit sangat berbeda. Kue engkak ketan memiliki tekstur agak basah dan rasanya lebih manis. Selain itu, kue engkak ketan biasa dijual dengan ukuran loyang. Proses memasak kue engkak juga masih tergolong tradisional sehingga tetap awet dalam beberapa bulan.

Baca Juga : Kue Lapis Legit, Jajanan Khas Lampung yang Harganya Selangit

Harga dan Lokasi Penjualan

Kue engkak ketan khas Lampung dijual dengan harga sekitar Rp180.000 per loyang. Umumnya, ukuran loyang kue engkak sekitar 20cm x 20cm. Harga kue engkak tersebut bisa saja mengalami kenaikan jika harga bahan pembuatan kuenya sedang naik. Pasalnya, kue engkak dibuat dengan bahan-bahan pokok yang belum tergolong stabil. Namun, untuk menghindari kenaikan harga, para pembuat atau penjual kue engkak memberikan modifikasi terhadap besarnya ukuran kue.

Penjualan kue engkak ketan memang masih tergolong sederhana. Biasanya, kue engkak hanya dibuat ketika ada pesanan untuk keperluan acara istimewa. Bahkan pemesan kue engkak termasuk pelanggan setia turun termurun. Namun kini, kelezatan kue engkak ketan sudah bisa dirasakan oleh lebih banyak orang. Salah satunya dengan melakukan pembelian secara online melaui marketplace.

Bahan Utama Pembuatan Engkak

Engkak dibuat dengan bahan utama yang mudah ditemukan di pasaran. Seperti telur, ketan, mentega, susu kental manis dan gula. Susu kental membuat kue engkak menjadi sangat manis karena digunakan dengan takaran sebanyak satu kaleng.

Bahan ketan dan telur berakibat pada rasa kue engkak yang lembut dan nikmat. Sementara itu, telur dan gula membuat kue menjadi empuk dan mengembang. Selain itu, penambahan mentega membuat kue engkak cukup basah saat dimakan.

Proses pembuatan engkak dimasak dengan bertahap setiap lapis menggunakan api bawah. Kemudian pada lapisan kue engkak berikutnya menggunakan api atas sedang. Kue engkak tidak lengket ketika dimakan karena menggunakan santan sebagai bahan dasar kue. Kue engkak ketan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga pada suhu ruangan bisa bertahan selama satu pekan.

Engkak Ketan Lampung memang tergolong kue yang sangat tradisional. Dibutuhkan ekstra kesabaran untuk membuat kue engkak ini. Bahkan karena cukup sulit, kue engkak ketan khas Lampung hanya dibuat oleh beberapa penjual kue tradisional yang sudah sepuh. Namun, Anda tetap bisa menemukan kue engkak yang lezat ini di pusat oleh-oleh Lampung sebagai buah tangan.