Home » Kuliner » Durian Kopi Luwak Lampung Barat, Cara Unik Menikmati Durian dan Kopi
Durian Kopi Luwak Lampung Barat

Durian Kopi Luwak Lampung Barat, Cara Unik Menikmati Durian dan Kopi

Durian Kopi Luwak Lampung Barat menjadi salah satu minuman khas yang banyak digemari masyarakat sekitar. Seperti namanya, minuman ini cukup unik karena memadukan dua jenis bahan utama, yaitu kopi dan durian. Wah, seperti apa ya rasanya?

Buah Durian banyak digemari oleh masyarakat luas. Namun banyak juga yang tidak suka lantaran aromanya yang menyengat, serta rasanya yang aneh. Jika kebanyakan buah durian dikonsumsi biasa, di Lampung Barat buah durian justru diolah bersama kopi luwak menjadi minuman khas yang bercita rasa tinggi.

Meski terkenal dengan baunya yang menyengat, durian memiliki segudang kandungan manfaat bagi tubuh. Durian kaya akan antioksidan, serat, kalium dan karbohidrat. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan sebagai penambah energi.

Sedangkan kopi luwak merupakan seduhan biji kopi yang berasal dari sisa kotoran luwak. Menjijikan, bukan? Eits.. jangan salah, kopi luwak justru menjadi salah satu kopi termahal di dunia loh. Selain mahal, kopi luwak juga baik bagi kesehatan dan kecantikan, seperti menyegarkan dan mengencangkan kulit, mencegah batu empedu, meningkatkan stamina dan lain-lain.

Di Lampung Barat, dua manfaat tersebut dipadukan menjadi satu. Mungkin Anda akan bertanya, apakah berbahaya?. Jangan khawatir, minum kopi sesudah menikmati durian atau mengkonsumsinya bersamaan, sah-sah saja dan tidak berbahaya. Dengan catatan, Anda tidak memiliki riwayat penyakit kronis tertentu. Jadi mengkonsumsi Durian Kopi Luwak Lampung Barat ini tidak berbahaya.

Menurut masyarakat sekitar, minuman durian kopi luwak tidak dapat ditemui setiap saat, apalagi jika bukan musim durian. Namun jika sedang musim durian, minuman ini menjadi minuman wajib untuk dikonsumsi. Jadi, jika datang ke Lampung Barat saat musim durian, Anda wajib merasakan minuman khas dengan cita rasa unik ini.

Manfaat Durian Kopi Luwak Lampung Barat

Durian Kopi Luwak Lampung Barat
Durian dan Kopi Luwak

Beberapa masyarakat Lampung meyakini, durian kopi luwak memiliki manfaat dan khasiat yang dapat dirasakan oleh tubuh, diantaranya:

  1. Penambah Stamina

    Kandungan kafein tinggi pada kopi bermanfaat untuk membuat perasaan segar lebih lama karena menekan pergerakan adenosin dalam tubuh. Daging durian mengandung fruktosa dan sukrosa, apabila dimakan akan menambah energi dan menyegarkan tubuh.

  2. Mencegah Radikal Bebas (Kanker)

    Kopi mengandung antioksidan yang dapat menekan resiko terkena kanker. Hal tersebut juga sudah dibuktikan dengan penelitian di Jepang. Sementara itu antioksidan yang terkandung pada durian dapat membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi pada infeksi dan mencari sumber radikal bebas yang berbahaya.

  3. Mencegah Parkinson

    Asam amino triptofan pada buah durian ketika dikonsumsi akan dimetabolisme menjadi serotin dan melatonin. Kandungan ini bermanfaat dalam menenangkan saraf.

  4. Menyegarkan Kulit Tubuh

    Manfaat lain dari minuman ini yaitu dapat meregenerasi sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar.

Bahan dan Cara Membuat

Membuat durian kopi luwak juga tergolong mudah, Anda bisa membuatnya di rumah dengan menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan-Bahan

  • Kopi Luwak
  • Gula secukupnya
  • 5 biji buah durian matang
  • Air Putih

Cara Membuat

  1. Rebus air putih sampai mendidih, kemudian masukkan kopi luwak, aduk sampai merata.
  2. Setelah matang, masukkan durian dan tambahkan gula secukupnya. Aduk lagi sampai kurang lebih 5 menit.
  3. Tuang kopi ke dalam cangkir dengan menggunakan saringan. Kopi siap dihidangkan.

Cicipi juga » Lempok Durian Khas Lampung, Varian Dodol yang Rasanya Menggoda

Demikianlah ulasan mengenai Durian Kopi Luwak Lampung Barat. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa menyesuaikan bahan sesuai kebutuhan dan porsi. Namun, untuk mendapatkan cita rasa asli, sebaiknya Anda mencobanya ketika berkunjung ke Lampung Barat.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!