Home » Wisata » Wisata Unik Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah
Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah

Wisata Unik Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah

Lampung memiliki banyak opsi destinasi wisata yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah merupakan contoh nyatanya. Lokasi wisata alam yang anti mainstream ini sedang viral di sosial media. Apa yang membuatnya istimewa dan berbeda dari wisata air lainnya?

Danau Biru berada di Kecamatan Pubian, tepatnya di Desa Payung Mulya, Kabupaten Lampung Tengah. Memakan waktu 2-3 jam perjalanan jika dimulai dari Bandar Lampung. Kalau Anda berada di ibu kota pemerintahan provinsi tersebut, bisa menuju Pringsewu. Selanjutnya akan melewati Sukoharjo, Kalirejo, Sendang Agung, hingga Payung Rejo.

Dari situ, rute pasti menuju Danau Biru sudah jelas, yaitu mencari SMP Negeri 3 Pubian. Lurus sedikit saja, Anda sudah menemukan perkebunan sawi. Dari sana, tinggal mengikuti petunjuk arah yang terpasang hingga sampai destinasi. Namun, belum ada transportasi umum ke sana, sehingga Anda disarankan membawa kendaraan pribadi.

Meski begitu, perkara akses jalan tidak perlu menjadi kekhawatiran. Sepanjang jalanan ke tujuan mulus tanpa hambatan berarti. Soal retribusi, Danau Biru Tambang Batu Padas Lampung Tengah dapat Anda eksplorasi dengan tarif masuk Rp5.000,- per orang. Belum termasuk tarif parkir mulai Rp3.000,- sampai Rp5.000,- tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Pesona Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah

Anda mungkin bertanya-tanya tentang alasan penamaan spot wisata ini dengan tajuk Danau Biru. Hal itu tidak terlepas dari penampilan sekaligus keunikan dari danau itu sendiri. Airnya memang berwarna biru pekat, tapi memiliki air yang sangat jernih. Meski begitu, air tersebut bebas kontaminasi sehingga aman untuk pengunjung.

Danau Biru terbentuk dari kawah-kawah dataran tinggi yang mengelilinginya. Bekas areal pertambangan tersebut tidak berupa danau yang menyatu, melainkan terbagi menjadi beberapa kubangan berbeda. Masing-masing kubangan dipisahkan oleh tumpukan tanah yang menyerupai jalan setapak. Anda bisa berjalan telanjang kaki menyusurinya. Terdapat pula penyewaan perahu plastik dengan tarif Rp10.000,- per jam.

Aktivitas Hiburan di Danau Biru

Bagi Anda yang senang hunting foto, baik panorama maupun swafoto dengan latar belakang instagramable, tempat ini merupakan tujuan yang tepat. Dijamin, di Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah akan membuat memori kamera penuh. Sebab, meski tanpa spot foto yang didesain khusus, setiap sudutnya sudah sangat memesona.

Intip juga panorama eksotik dari Bukit Batubara Linggapura, Tempat Wisata Instagramable di LAMTENG

Danau Biru Tambang Batu Padas Lampung Tengah
(Sumber: Instagram @samsonnurulhyda)

Selain hunting foto, Anda juga bisa melakukan aktivitas di area wisata air pada umumnya; berenang, snorkeling, dan berlayar dengan perahu karet. Kalau mau, Anda juga bisa mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi area danau tersebut. Tapi hati-hati, ya. Sebab medan pendakiannya cukup terjal dan curam.

Sarana dan Prasarana Pendukung di Danau Biru

Menyinggung tentang sarana dan prasarana alias fasilitas pendukung wisatawan, tidak terlalu banyak opsi yang ditawarkan. Setidaknya, ada toilet untuk umum sehingga pengunjung tidak perlu bingung tempat berganti pakaian maupun mandi. Sedangkan penginapan belum tersedia di sekitar area. Jika Anda mau, bisa menempuh satu jam perjalanan ke lokasi penginapan terdekat.

Jika Anda ingin kemari, disarankan saat musim pancaroba atau peralihan. Sehingga air danau tidak menyusut tapi juga tidak meluap alias konsistensinya pas. Jalanan juga tidak dalam kondisi yang licin sebagaimana saat musim penghujan tiba. Tapi, jangan lupa siaga masker sebab debu di sekitar saat pancaroba sangat tidak bersahabat.

Menarik bukan destinasi wisata Danau Biru Batu Padas Lampung Tengah ini? Yuk, mampir untuk mendapatkan banyak koleksi foto-foto instagramable. Ditambah lagi, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mengeksplorasi tempat wisata satu ini. Liburan hemat dan menyenangkan.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!