Danau Bebek Lampung Timur Tidak Kalah Hits dari Way Kambas

Keindahan Lampung ternyata tidak berhenti sampai di Taman Nasional Way Kambas. Jika Anda mengeksplorasi lebih jauh ke arah timur, ada pesona lain yang membius mata. Itulah Danau Bebek Lampung Timur, sebuah perairan luas dengan panorama hijau di sekelilingnya.

Nuansa alam Danau Bebek masih segar dengan diselimuti suasana tenang. Hawa di sekitar danau juga terasa adem karena tiupan anginnya yang lembut membawa sensasi sejuk. Karena itu, danau buatan tersebut cocok dijadikan destinasi wisata kekinian untuk liburan akhir pekan.

Danau Bebek Lampung Timur
Danau Bebek dengan suasana segar alami (Instagram @pras_welly)

Sejarah Danau Bebek Lampung Timur

Siapa yang menyangka, danau alami dan asri di Lampung Timur ini dulunya kawasan pertambangan pasir? Jauh sebelum Danau Bebek dijadikan objek wisata, aktivitas penggalian pasir berlangsung selama beberapa tahun. Hasil tambang lantas dikirim ke Jakarta dan di ekspor ke Negara Singapura.

Namun, sejak dikeluarkannya Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 14 Tahun 2014, aktivitas penggalian pasir dihentikan. Bekas galian yang menyisakan lubang besar akhirnya digunakan untuk budidaya ikan.

Rupanya kondisi galian pasir tersebut menarik perhatian Sakur, warga desa sekitar pertambangan. Ia pun berinisiatif membangun gubuk sederhana di tepi danau. Awalnya, gubuk tersebut hanya digunakan sebagai area istirahat usai menebar pakan ikan. Ternyata, idenya itu menciptakan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Saat pagi hingga sore hari, banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut untuk berfoto dan bersantai.

Kunjungi juga » Miniatur Eropa di Lampung, Tempat Liburan Unik dan Instagramable

Daya Tarik Danau Bebek

Danau Bebek Lampung Timur menawarkan konsep wisata air bernuansa pedesaan. Di tepian danau terdapat 24 gazebo bambu dengan atap glagah air dan daun ilalang. Setiap gazebo dihubungkan oleh jembatan cor beton minimalis yang memanjang ke tengah perairan.

Danau Bebek Lampung Timur
Gazebo-gazebo cantik nan unik

Di ujung jembatan terdapat gazebo beratap susun mirip pura. Letak tempat tersebut tepat di tengah danau sehingga tampak instagenic. Tidak ketinggalan, di sisi kanan, ada spot foto berbentuk lambang cinta berbahan bambu. Permukaan bambu dipenuhi bunga berwarna pink dengan dedaunan hijau tua.

Beberapa Fasilitas di Danau Bebek

Danau Bebek kini menjadi destinasi wisata yang komplet dengan adanya beberapa fasilitas rekreasi. Salah satunya adalah wahana sepeda air berbentuk bebek. Anda bisa naik sepeda bebek tersebut sambil memberi makan ikan mas dan nila merah.

Selain wahana wisata air, di Danau Bebek juga terdapat kucing angora dan kelinci. Anak-anak diperkenankan menyambangi area tersebut untuk memberi makan. Tidak hanya itu, fasilitas bersantap pun disediakan di sekitar kawasan danau.

Anda bisa menikmati ragam hidangan ikan air tawar dan seafood dengan olahan khas Lampung. Dari mulai masakan udang, ikan nila, ikan mas, bawal, hingga patin. Untuk minuman, tersedia aneka jus dan kopi yang dibanderol mulai Rp5.000 per gelas.

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati semua suguhan cantik Danau Bebek Lampung Timur ini?

Tenang saja, tiket masuk ke Danau Bebek relatif murah, sekitar Rp5.000 per orang. Kalau ingin menyusuri danau dengan sepeda bebek, Anda cukup menambahkan bujet sekitar Rp20.000.

Lokasi Danau Bebek

Lokasi Danau Bebek tergolong mudah ditemukan karena berdekatan dengan Jalan Lintas Timur Sumatera. Tepatnya, danau ini terletak di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Pasir Sakti, Lampung Timur. Akses jalan ke sana cukup nyaman, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika ditempuh dari pusat Kota Bandar Lampung, Anda harus berkendara selama 2-3 jam.

Itulah ulasan seputar Danau Bebek Lampung Timur yang pesonanya mampu menandingi Taman Nasional Way Kambas. Dengan demikian, sudah siapkah Anda mengeksplorasi keindahan Danau Bebek?

Berikan Tanggapan Anda