Home » Wisata » Danau Asam Suoh, Wisata Primadona di Lampung Barat
Danau Asam Suoh

Danau Asam Suoh, Wisata Primadona di Lampung Barat

Bukan hanya Danau Ranau, Lampung Barat memiliki Danau Asam Suoh yang juga menjadi primadona para wisatawan. Penasaran bagaimana keindahan danau yang ada di Kecamatan Suoh tersebut? Simak uraian di bawah ini.

Sejarah Suoh

Sejarah Suoh sendiri sebenarnya masih simpang siur tentang kebenarannya. Kabarnya, dahulu Suoh merupakan daerah dengan penduduk paling banyak di Lampung Barat. Tapi karena gempa selama 7 hari berturut-turut, semua penduduk berpindah tempat dan meninggalkan peliharaannya di sana. Sehingga pada tahun 1950 – 1980an, Suoh menjadi tempat favorit untuk berburu rusa dan kerbau liar.

Kata Suoh berasal dari kata Suwah yang berarti bakar dan merupakan bahasa Lampung.  Pada saat itu hasil padi penduduk Suoh sangat melimpah. Namun yang terjadi, padi tersebut justru dibakar. Peristiwa pembakaran padi ini yang kemudian disebut Suwah. Kata Suwah berubah menjadi Suoh sejak datangnya transmigran dari Jawa ke wilayah ini.

Saat ini, Suoh sudah menjadi kecamatan. Beberapa pekon/desa yang ada di Kecamatan Suoh antara lain:

  • Bumi Hantatai
  • Sumber Agung
  • Tugu Ratu
  • Banding Agung
  • Rowo Rejo
  • Bandar Agung
  • Sukamarga
  • Gunung Ratu
  • Srimulyo
  • Suoh
  • Atar Lebar
  • Ringin Raya

Penduduk Suoh mayoritas dari suku Jawa yang dulunya sebagai transmigran dan turun temurun di wilayah tersebut. Selain Jawa, ada juga suku Lampung, Sunda, Semendo, dan lainnya yang tentunya hidup rukun.

Danau Asam Suoh

Merupakan daerah dengan tanah yang subur, Suoh terkenal sebagai penghasil beras berkualitas, durian paling manis, dan hasil kebun seperti kopi, kakao, pisang yang juga berkualitas.

Sebagai akibat dari gempa di masa lalu, di Suoh terbentuk 3 danau besar, yakni Danau Lebar, Danau Minyak dan Danau Asam Suoh.

Kunjungi juga » Danau Lebar, Keindahan Alam di Suoh Lampung Barat

Dinamakan Danau Asam karena memang airnya yang terasa asam. Danau ini memiliki luas sekitar 85 hektar dan dikelilingi padang rumput. Jika ingin menyusuri seluruh bagian danau, Anda bisa menyewa perahu yang dapat memuat hingga 12 orang. Warga setempat juga sudah membuat spot untuk berfoto di sekitar danau. Bentuknya jembatan yang terbuat dari bambu.

Danau Asam Suoh
Instagram @olipplip

Dari Danau Asam, dapat langsung menuju Keramikan dengan menggunakan perahu. Sebelum sampai tempat Keramikan, Anda akan melewati sumber air panas. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai Keramikan dari Danau Asam, hanya sekitar ± 5 menit sudah sampai.

Instagram @ewin_dpebrin

Tempat wisata ke Suoh ini sekarang sudah banyak diketahui oleh masyarakat di dalam maupun di luar Lampung Barat. Pada awal tahun 2018, misalnya, lalu lintas di tempat yang dijuluki Jagad Endah Lestari itu mengalami kemacetan hingga 1,5 kilometer. Pengelola wisata juga cukup terkejut dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, karena selama ini belum pernah sebanyak itu.

Sebenarnya masih banyak tempat lain di Suoh yang menarik, seperti Pasir Kuning, Padang Rumput, Keramikan, Danau Minyak, dan Danau Lebar. Potensi panas bumi yang dimiliki wilayah ini pun cukup besar. Potensi ini dapat dikembangkan sebagai sumber energi baru dan tempat wisata.

Lokasi tepatnya berada di bawah pegunungan sekitar hutan lindung dan TNBBS. Ada cukup banyak lubang berukuran cukup besar dengan mengeluarkan gelembung serupa air mendidih. Jika sampai permukaan, gelombang itu akan meletus dan asapnya seperti bau belerang. Oleh masyarakat sekitar, tempat ini diberi pembatas dari kayu agar tidak terinjak pengunjung.

Setelah membaca ini, apakah Anda tertarik berkunjung ke Suoh untuk melihat Danau Asam Suoh dan tempat menarik lain yang ada di sana? Jangan lupa siapkan stamina sebelum ke sana ya, karena perjalanan yang ditempuh lumayan jauh.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!