Home » Wisata » Bukit PJR Pringsewu, Wisata Instagramable Favorit Wisatawan
Bukit PJR Pringsewu

Bukit PJR Pringsewu, Wisata Instagramable Favorit Wisatawan

Bukit PJR Pringsewu tengah hits di jejaring sosial dan saat ini menjadi tempat hunting foto favorit para wisatawan. Apa yang menarik dari tempat wisata di kabupaten sebelah barat Bandar Lampung ini?

Provinsi Lampung ternyata memiliki banyak spot wisata yang instagramable, baik sengaja dibuat demikian atau terbentuk secara alami. Bukit PJR Pringsewu merupakan kelompok destinasi wisata alami dengan panorama instagramable. Kalau Anda bosan dengan spot foto buatan, bisa mampir kemari untuk hunting foto sepuas hati. Jaminan utamanya adalah tidak membuat kantong bolong.

Lokasi Bukit PJR Pringsewu, Rute dan Akses Transportasi

PJR sendiri merupakan singkatan dari Panjarejo. Penamaan tersebut disesuaikan pada lokasi keberadaan area wisata yang satu ini, yaitu di Desa Panjarejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Kalau dari Bandar Lampung, memakan waktu perjalanan selama 2 jam untuk mencapai Bukit PJR. Medan dari pusat kota tergolong mulus.

Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi dari Bandar Lampung ke Gedong Tataan, lanjut ke Gading Rejo, baru kemudian sampai di Pringsewu. Area ini dikenal sebagai lokasi pemukiman transmigran Jawa di Lampung, sehingga akses transportasi umum cukup mudah untuk sampai ke Bukit PJR Pringsewu. Patokannya adalah tugu gajah memegang barbel.

Baca juga yang ini » Tugu Bambu Pringsewu Menyapa Pengguna Jalan Lintas Barat Sumatera

Panorama Bukit PJR (Instagram @ami.yahya)

Dari situ, cukup belok kiri sedikit, Anda sudah menemukan plang area parkir kendaraan pengunjung. Anda dapat membayar tarif parkir untuk motor Rp3.000,- dan Rp5.000,- untuk mobil. Sementara tiket masuk per orangnya sama dengan tarif parkir mobil. Bawa barang-barang yang diperlukan saja, karena perjalanan Anda tidak terhenti sampai di situ.

Mendaki ke Puncak dan Hunting Foto

Dari area parkir, Anda masih harus melakukan pendakian untuk bisa sampai ke puncak bukit. Lama jarak tempuhnya antara 20-30 menit, tentu bergantung stamina Anda. Sebab itu, disarankan dalam kondisi yang benar-benar fit ketika mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Selain itu, sebaiknya menghindari musim penghujan karena medan pendakian terlalu licin.

Jalanan yang Anda lalui untuk sampai ke puncak bukit sangat beragam. Ada jalan setapak berkontur rata tapi menanjak, ada pula tangga-tangga dari tanah yang justru menguras tenaga 2x lipat. Untuk area-area yang curam, dipasang pegangan kayu. Untungnya suhu udara sekitar cukup dingin sehingga menghindari bau badan akibat keringat berlebih.

Pastikan membawa bekal air putih yang cukup untuk pendakian Bukit PJR Pringsewu, ya. Supaya tenaganya cukup sampai ke tujuan dan tidak mengalami dehidrasi. Tapi, Anda tenang saja, karena semua rasa lelah pasti lenyap begitu sampai di puncak bukit. Panorama indah menanti Anda untuk diabadikan sebagai objek maupun latar belakang swafoto.

Bukit PJR Pringsewu
(Foto dari FB: ELyta Conel)

Anda bebas mengabadikan setiap detik yang dihabiskan di puncak bukit ini. Panorama hijau dari areal persawahan sangat menyejukkan mata. Area tersebut merupakan lahan untuk dikelola oleh transmigran dari Jawa. Di sudut lainnya terdapat pula bukit dengan ukuran lebih kecil tapi memiliki tampilan yang sangat hijau layaknya hutan lebat.

Tips Berkunjung ke Bukit PJR Supaya Pleasurable

Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas pendukung di Bukit PJR Pringsewu sangat terbatas. Hanya ada toilet umum sederhana tanpa penjaja makanan. Tempat parkir pun jauh dari puncak bukit. Jadi, jika ingin pengalaman berkunjung ke sana memorable, ikuti tips berikut:

  • Pilih datang saat musim kemarau saja agar medan pendakian lebih mudah dilalui.
  • Siapkan bekal pendakian cukup banyak, utamakan air mineral dan stok makanan ringan yang lebih banyak daripada makanan berat. Sebab, makanan berat justru mempersulit proses pendakian.
  • Kenakan pakaian yang cukup tebal karena suhu udaranya cukup dingin.
  • Siapkan alat pemotret berikut kapasitas memori yang cukup.

Kalau Anda mengikuti tips sederhana di atas, dijamin perjalanan ke Bukit PJR Pringsewu menjadi menyenangkan. Bahkan Anda mungkin ingin kembali lagi ke destinasi wisata yang tengah hits di sosial media ini.

Berikan Tanggapan Anda

Don`t copy text!